Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemkot Bandung Harus Cari Solusi Hadapi Krisis Air

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14735.jpg
    foto : pambdg.co.id

    BANDUNG- DPRD Kota Bandung meminta Pemerintah Kota Bandung mencari solusi menyusul permasalahan krisis air yang dihadapi masyarakat di Bandung saat ini.

    Anggota DPRD Kota Bandung, Aan Andi Purnama mengatakan, krisis air bersih yang dikelola PDAM Tirtawening Kota Bandung harus segera dicari solusinya menyusul ketersediaan pasokan air yang tinggal beberapa minggu lagi.

    “Sebaiknya kedepan untuk mengantisipasi musim kemarau seperti sekarang, PDAM harus menyiapkan antisipasi yang matang, untuk jangka pendek PDAM harus mencari sumber sumber bahan baku air, harus  mempunyai danau buatan untuk bank air dan tempat penyerapan air,” ucapnya.

    Andi meminta, PDAM  harus mulai berpikir memanfaatkan sumber air permukaan dari sungai yang ada di Kota Bandung, yang saat ini permasalahan sungai yang ada sudah tercemari banyak limbah.

    “Bagaimana kita bisa memanfaatkan air sungai sebagai bahan baku yang saat ini sudah tercemar,” ujarnya.

    Sedangkan untuk jangka panjang menurut Aan,  PDAM dapat melibatkan dinas terkait lainnya seperti BPLH agar membuat banyak program penyelamatan air, seperti biopori, sumur resapan, dan penyadaran masyarakat  dengan gerakan  pemeliharaan sungai bersih.

    “Dengan cara seperti itu, semua elemen masyarakat dapat terlibat dalan penyelamatan air di Kota Bandung yang sudah sangat menghawatirkan,” katanya.

    Aan mengharapkan, Pemkot juga harus mulai melakukan kerjasama dengan daerah-daerah sekitar, mengingat saat ini sumber air untuk Kota Bandung mayoritas  bersumber dari luar kota Bandung.

    “Selain kerjasama dengan daerah lain, Pemkot juga harus tegas kepada para pengusaha yang secara ilegal telah mengeksplorasi air tanah secara besar besaran akibatnya air di Kota Bandung mengalami penurunan,” pungkasnya. (Parno)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus