Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wagub Dede Yusuf: Pemprov Jabar Buat Konsep Pariwisata Terpadu

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_4879web4.jpg

    BANDUNG-Walaupun Jawa Barat memiliki banyak potensi pariwisata, namun tidak termasuk sebagai daerah tujuan wisata di tingkat ASEAN. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan melakukan evaluasi dan membuat konsep pariwisata secara terpadu.

    “Konsep pariwisata memang sudah banyak, namun harus fokus pada ikon-ikon tertentu. Potensi pendapatan dari sektor pariwisata cukup banyak, hingga triliunan. Kota Bandung saja Rp 6 triliun. Namun pariwisata belum kita jadikan potensi besar dan belum tergarap dengan  baik. Oleh karena itu kita siapkan strategi, tapi masih rahasia,” jelas Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Dede Yusuf usai pertemuan dengan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Ir. H. Herdiwan Iing Suranta, MM di kantor Disparbud Jabar, Jalan LRE Martadinata, Kota Bandung, Selasa (11/1).

    Dia  mencontohkan, Bali identik dengan pantai dan tarian. Mereka fokus di dua seni tersebut. Nah, Jabar apa?

    “Ini yang sedang kita rumuskan. Jabar memang memiliki semua, pantai, gunung dan masih banyak lagi. Tapi ikonnya apa? Informasi tentang Jabar di luar negeri memang masih kurang. Dan di ASEAN sendiri Jabar tidak termasuk sebagai tujuan Pariwisata. Untuk itu kita akan sosialisasikan misalnya melalui film. Bangka Belitung setelah muncul Film Laskar Pelangi, banyak dikunjungi wisatawan,” katanya.

    Dia juga mencontohkan bambu. Di dunia, menurut Wagub, bamboo sudah menjadi state of art dan sudah canggih.

    “Kita jangan puas untuk diri sendiri. Jangan selesai pertemuan ini selesai, kita buat konsep yang jelas. Jangan hanya melestarikan saja, tapi tidak diangkat atau dikemas, itu pasti akan ditinggal. Contohnya Ronggeng, harus ada kemasan budaya agar menjadi daya tarik. Jadi intinya bagaimana kemasan seni budaya agar menarik wisatawan,” katanya. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus