Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemkab Garut Dukung Program Penanaman Pohon

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14976.jpg

    GARUT- Pemkab Garut mendukung program pemerintah yaitu program penanaman pohon. Hal demikian, diutarakan Bupati Garut, Rudy Gunawan, dalam kegiatan launching HMPI dan BMN tahun 2015, di Bendungan Copong, Kabupaten Garut, Rabu (25/11).

    Menurut Rudy, Bendungan Copong merupakan daerah irigasi kebanggaan Kabupaten  Garut yang di bangun oleh BBWS Cimanuk- Cisanggarung.

    Saat ini, kehadiran Bendungan Copong berperan sebagai sumber air menunjang Jatigede. Bendungan Copong, kini telah berfungsi  mengaliri areal sawah di Kabupaten Garut dengan luas 5.000 Ha.

    Dengan kondisi tersebut, diharapkan dapat mendukung ketahanan pangan. Kabupaten Garut, memiliki luas hutan 170 Ha.

    Dari lahan tersebut,diantaranya ada yang terkena degradasi lahan kritis. Dari degradasi hutan ada diantaranya merupakan lahan di dalam dan luar hutan, jumlahnya mencapai 21.000 Ha .

    Adapun penyebab degradasi hutan diantaranya disebabkan oleh penggunaan fungsi hutan lindung yang tidak sesuai dengan peruntukkannya.

    Berbagai Solusi untuk mengatasi degradasi hutan, ungkap Rudy sudah dilaksanakan.

    Langkah tersebut, dilaksanakan melalui  optimalisasi program Gerakan rehabilitasi lahan kritis, pembuatan kebun bibit rakyat serta pembangunan persemaian.

    Penanaman pohon produktif tahunan juga sudah dilaksanakan yang didukung  oleh partisipasi dunia usaha melalui program  CSR.

    16 juta pohon saat ini sudah ditanam. Penanaman kali ini, ujar Rudy  akan dilaksanakan secara berkala dan berkesinambungan. (NR)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus