Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    PLTA Dago Masih Beroprasi Sejak 1923

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15015.jpg

    BANDUNG-Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Dago Bengkok yang mulai beroperasi sejak 1923 pada jaman Belanda, hingga kini masih beroperasi normal. 3 turbin yang terpasang bergantian beroperasi sesuai kebutuhan pasokan listrik di sistem interkoneksi listrik Jawa Bali.

    "Meski kapasitas totalnya hanya 2100 VA, namun PLTA ini cukup membantu sistem kelistrikan Jawa Bali, terutama pada saat jam beban puncak dari pukul 19 hingga 22" ujar Dadang Iskandar Senior Supervisor PLTA Dago Bengkok, dalam acara Press Gathering bersama PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten.
    Sebagian besar peralatan atau komponen turbin juga terbilang masih asli, karena perawatan yang berkala.

    "Ini asli sebagian besar yang dipasang di sini. Turbin, komponen lainnya termasuk bangunannya. Hanya sebahagian kecil saja yang sudah dirobah seperti lantai, dinding dan penyekat ruang turbin dengan operator, itu baru" kata Dadang.

    Untuk perbaikan berkala, semuanya dilakukan oleh teknisi Dago Bengkok sendiri, dan ada komponen utama yang berupa lilitan kabel dan magnet sebagai salah satu komponen utama turbin yang sudah bisa dibuat oleh salah satu bengkel di Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. (Pun)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus