Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Usep Romli: Media Kurang Peduli Pada Budaya

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15036.jpg
    Foto : twiscy.com

    BANDUNG–Sastrawan yang juga mantan wartawan Pikiran Rakyat Usep Romli HM mengatakan, saat ini sedikit sekali wartawan dan bahkan media yang peduli pada liputan budaya. Menurut Usep, media dan wartawan saat ini lebih tertarik meliput budaya sampah.

    “Peristiwa-peristiwa high cullture atau berbudaya tinggi sudah jarang diliput, kalaupun diliput itu hanya mendapat space atau tempat sedikit saja di media saat ini. Sementara yang disebut junk culture atau budaya sampah mendapat perhatian lebih. Ini yang menajadi keprihatinan Saya saat ini” ujar Usep, dalam diskusi dan silaturahmi Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) bersama wartawan di Bandung yang digelar di Bandung Sabtu siang 28 November 2015.

    Padahal menurut Usep Romli, dalam budaya tinggi itu banyak bisa dipelajari dan menjadi contoh untuk masyarakat. Seharusnya media berperan mengangkat itu.

    “Banyak yang bisa dipelajari dalam budaya tinggi itu seperti bagaimana cara masyarakat jaman dulu melestarikan alam, mencari pengobatan herbal, menghadirkan kuliner yang sehat dan lain-lain. Itu penting diketahui masyarakat saat ini yang gaya hidupnya sudah serba instan” jelasnya.

    Usep Romli HM juga menjelaskan, pengertian budaya itu bukan hanya sekedar seni tradisional, tetapi lebih luas yaitu cara hidup masyarakat setempat. (Pun)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus