Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    MEA Buka Prospek Pengembangan KUKM

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15131.jpg

    BANDUNG-MEA menghadirkan sisi positif dalam pengembangan KUKM. Dengan MEA, KUKM mempunyai prospek untuk terus berkembang. Hal demikian, dikemukakan Kadis KUKM Jabar, Anton Gustoni, Jum'at (4/12).

    Menurut Anton, dengan jumlah pasar negara ASEAN mencapai  600 juta orang, maka dapat mendorong kerjasama antara UKM di ASEAN dan dengan pelaku bisnis .

    Pemberlakuan MEA membawa peluang menarik investasi dalam rangka mengejar pertumbuhan dan penyerapan tenaga kerja.

    Di sisi lain, dengan pemberlakuan MEA berpeluang membuka keunggulan komparatif bagi produk UKM baik pasar  ASEAN dan luar ASEAN.

    Anton, lebih lanjut memaparkan, hal yang mesti dilakukan pelaku UKM dalam menghadapi MEA ialah  daya saing produk harus dijaga dan produk yang diharapkan adalah produk kreatif dan inovatif. Untuk desain produk harus melalui aplikasi Iptek dan kewirausahaan, imbuh Anton.

    Dalam rangka penguatan produk , sambung Anton Pemprov. Jabar sudah mengembangkan sistem pendukung bagi KUKM. Program tersebut, dikembangkan secara tematik kewilayahan yang meliputi :  pengembangan jasa perdagangan industri kreatif dan pariwisata, pengembangan industri keramik dan gerabah, pengembangan industri batik dan rotan, pengembangan
    perberasan dan makanan ringan serta tematik kewilayahan untuk komoditi ikan tawar, ikan payau dan padi pandanwangi. (NR)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus