Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wagub Ingin Pasanggiri Jadi Agenda Tahunan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15222.jpg

    BANDUNG-Wakil Gubernur  Jawa  Barat Deddy Mizwar  mengatakan seni pertunjukan berada dalam gelombang ekonomi yang keempat, setelah ekonomi pertanian, ekonomi indutsri, ekonomi informasi, sekarang ekonomi kreatif.

    "Seni pertunjukan menjadi salah satu unsur ekonomi kreatif, dimana ada pemberdayaan ekonomi melalui seni pertunjukan. Kalau bicara tari, musik, teater, itu adalah seni pertunjukan, juga film, game, arsitektur, dan lain sebagainya,” papar Deddy.

    Untuk itu, menurut Deddy perlu dikembangkan secara berkelanjutan potensi yang dimiliki para generasi muda ini, sehingga mereka bisa menginterpretasi dan mengeksplorasi dirinya masing-masing melalui kreatifitas seni, musik, dan teater.

    “Kita juga tidak menutup mata bahwa beberapa seni di Jawa Barat ini punah. Tapi juga ada yang menggembirakan dari sebuah kelompok kreatif, ternyata di Majalengka muncul seni baru yang berasal dari budaya mereka sebagai pembuat genteng. Sekarang ini sudah ada musik genteng di Majalengka yang sekarang sudah mendunia,” tambah Deddy usai menutup secara resmi Pasanggiri Seni Tari, Musik, dan Teater Provinsi Jawa Barat tahun kedua di Kampus Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, pada Jumat malam (11/12).
     
    Setelah berlangsung di 5 Wilayah BKPP di Jawa Barat, Pasanggiri tahun ini melibatkan hingga 2 ribu orang seniman dari seluruh kabupaten dan kota di Jawa Barat dan sebagian besar dari mereka adalah generasi muda.

     "Ini menunjukkan bahwa semangat berkesenian di Jawa Barat itu sangat tinggi dan meluas di kalangan anak muda. Ini optimisme yang kita harus bangga,” ungkap Deddy dalam sambutannya yang disambut tepuk tangan para peserta dan hadirin.

    Deddy pun mengungkapkan keinginannya Pasanggiri ini diadakan setiap tahun, sebagai sarana berekspresi para generasi muda dan pengembangan industri kreatif di Jawa Barat.

    “Kesenian itu adalah ruh dari kebudayaan, maka (Pasanggiri) ini adalah ekspresi dari budaya berbagai kabupaten/kota di Jawa Barat yang diekspresikan melalui kesenian. Maka dari itu menurut saya Pasanggiri Tari, Musik, dan Teater ini harus diselenggarakan tiap tahun. Setuju?,” tanya Deddy kepada para peserta yang dijawab teriakan "setuju".

    Melalui Pasanggiri ini pun diharapkan para seniman di Jawa Barat mampu melahirkan bentuk-bentuk seni baru melalui kreatifitasnya. Deddy mengatakan hal ini bisa dilakukan melalui tambahan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas lagi mengenai perkembangan seni dunia yang saling berakulturasi.

    “Kita juga mesti melihat bagaimana perkembangan industri seni dunia untuk merangsang atau berkolaborasi atau beradaptasi dengan kebudayaan dunia lainnya. Ini sangat penting, sekarang kan sudah tidak ada hambatan lagi,” tutur Deddy.

    “Kita pernah coba tes di Gotrasawala tentang seni musik misalkan. Teman-teman ISBI kolaborasi dengan tokoh-tokoh musik dunia ternyata berbagai instrument musik yang ada di Jawa Barat itu bisa berkolaborasi dengan jenis musik dunia lainnya. Saya ga ngerti, mungkin memang di Jawa Barat ini keturununan dari gen manusia yang unggul  dan sangat cerdas. Barangkali ini musik-musik dunia berasal dari Jawa Barat semuanya jangan-jangan. Saya belum pernah menemukan bagaimana instrument-instrumen msuik yang ada di Jawa Barat tidak bisa berkolaborasi,” kata Deddy.

    Para pemenang Pasanggiri ini mendapatkan hadiah berupa Trofi dan Uang Pembinaan. Bagi para pemenang penyaji terbaik dari semua bidang akan mendapatkan uang senilai Rp 20 juta (Terbaik 1), Rp 15 juta (Terbaik 2), dan Rp 10 juta (Terbaik 3). Sementara pemenang perseorangan dari semua bidang mendapatkan uang pembinaan masing-masing sebesar Rp 7,5 juta.

    Dan berikut para pemenang Pasanggiri Seni Musik, Tari, dan Teater ke-2 Tahun 2015 Tingkat Provinsi Jawa Barat:

    1. Bidang Seni Musik/Karawitan: Musisi/Pangrawit Terbaik: Nining dari Kabupaten Garut ; Penata Musik/Karawitan Terbaik: Budi Setiawan dari Kabupaten Karawang ; Penyaji  musik/Karawitan,Terbaik 1: Kota Bogor ; Terbaik 2: Kabupaten Sumedang ; Terbaik 3: Kabupaten Cirebon

    2. Bidang Seni Tari: Penari Terbaik: Rio Tirta dari Kabupaten Sukabumi ; Penata Tari Terbaik: Citra dari Kabupaten Karawang ; Penyaji Tari Terbaik 1: Kabupaten Karawang ; Terbaik 2: Kota Cimahi ; - Terbaik 3: Kabupaten Sukabumi.
     
    3. Bidang Seni Teater: -  Aktor Terbaik: Syam Firmansyah (Perang Abah Kohar) dari Kota Sukabumi ; Sutradara Terbaik: Ade Fatullahisyam dari Kota Cirebon. Penyaji Teater Terbaik 1: Kota Sukabumi ; - Terbaik 2: Kota Cirebon ; -  Terbaik 3: Kota Cimahi.

    Turut hadir pada acara penutupan Pasanggiri ini Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Keapala Biro Pelayanan Sosial Dasar Setda Provinsi Jawa Barat, para Kepala/Perwakilan Dinas Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, para Civitas Akademika ISBI Bandung, para Dewan Juri, serta para peserta Pasanggiri Seni Tari, Musik, dan Teather 2015.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus