Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Dispora Giatkan Senam Penca

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15238.jpg

    BANDUNG- Bagian dari upaya untuk melestarikan seni dan budaya, khususnya beladiri penca yang merupakan warisan nenek moyang, Dinas Pemuda dan Olah Raga Pemerintah Kota Bandung akan menggiatkan beladiri tersebut di sekolah-sekolah.

    Kepala Seksi Bina Profesi Organisasi dan Kemitraan Dinas Pemuda dan Olahraga, Pemerintah Kota Bandung, Sumarmo mengatakan, bentuk pelestarian beladiri tersebut, yaitu dengan dilakukannya senam pencak yang akan dilakukan setiap Rabu pagi sebelum para siswa mengikuti proses belajar di kelas.

    “Kami berharap semua sekolah, setiap Rabu pagi dalam Rabu Nyunda sebelum masuk mereka melaksanakan dahulu Senam Penca,” ucap Sumarmo, dalam sebuah diskusi di Tatali News, akhir pekan kemarin.  

    Menurut Sumarmo yang juga penata gerak senam penca ini  berharap, para guru olah raga di seluruh sekolah di Bandung, bisa mensosialisasikan beladiri tersebut kepada para peserta didiknya.

    “Generasi sekarang sudah mulai luntur terhadap budayanya sendiri, kita harap para guru untuk menggugah anak-anak tentang kebudayaan, dan ini sudah masuk dalam ajaran mulok,” ujarnya.

    Sumarno juga berharap, kepada pihak sekolah yang kebetulan sekolahnya berdekatan dengan perguruan silat untuk bisa merangkulnya.

    “Merangkul paguron, ada kerjasama dengan sekolah dan paguran yang melatih para siswa untuk bisa ikut latihan beladiri penca,” katanya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus