Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    SKPD Harus Ikut Besarkan BUMD

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15413.jpg

    BANDUNGKAB-Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Ir. H. Sofian Nataprawira, M.P. mengajak kepada seluruh seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) untuk memberikan dukungan terhadap kelangsungan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah). Dukungan itu sangat diperlukan, karena menurutnya pada tahun-tahun mendatang BUMD bakal menghadapi persaingan yang makin ketat.

    Ajakan tersebut disampaikan Sofian Nataprawira ketika membuka rapat koordinasi BUMD Kabupaten Bandung di Bale Sawala-Soreang, Selasa (22/12). Selain dihadiri sejumlah perwakilan SKPD, kecamatan dan kelurahan, rekor tersebut diikuti pula direktur dan manajer BUMD.

    Sofian Nataprawira mengingatkan, fungsi dan peran BUMD melaksanakan kebijakan pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan daerah, mendorong peran serta masyarakat dalam bidang usaha, memenuhi kebutuhan barang dan jasa bagi kepentingan publik. “Yang tak kalah penting yaitu menjadi perintis kegiatan dan usaha yang kurang diminati swasta,” kata Sofian.

    Untuk meningkatkan kelangsungan BUMD, kata Sofian para direktur atau manager dewasa ini dituntut menumbuhkan budaya korporasi dan profesionalisme melalui pembenahan pengurusan dan pengawasan. “Namun demikian pembenahan dan pengawasan ini harus dilakukan berdasarkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance,” tambahnya pula.

    Pada bagian lain, Sofian menyebutkan tahapan reformasi BUMD antara lain restrukturisasi atau peningkatan posisi kompetitif perusahaan melalui perjalanan fokus bisnis, perbaikan skala usaha dan penciptaan core competence. Tahapan lain yaitu privatisasi dengan cara peningkatan penyebaran kepemilikan kepada masyarakat umum dan swasta untuk akses pendanaan, pasar, tekhnologi serta kapabilitas untuk bersaing di tingkat dunia. Tahapan selanjutnya menurut Sofian, diantaranya profitisasi yaitu peningkatan penerimaan laba perusahaan.

    Kepala bagian Koordinasi Perekonomian Setda Kabupaten Bandung Dra. Gina Haryati, M.Pd. mengungkapkan, Pemkab Bandung selama ini memiliki tiga buah BUMD, masing-masing Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kertaraharja, PDAM Tirta Raharja dan PT. Citra Bangun Selaras (CBS).

    “Ketiga BUMD ini tentunya memiliki tantangan yang tidak ringan dalam usahanya meraih laba perusahaan. Oleh karena itu dalam pengembangannya, saya sangat setuju dengan ajakan Pa Sekda agar SKPD yang ada di Kabupaten Bandung turut memberikan dukungan terhadap BUMD ini,” tambahnya pula.

    Untuk memberikan gambaran tentang keberadaan BUMD tersebut, dalam rakor dibahas mengenai evaluasi kegiatan masing-masing BUMD selama tahun 2015, rencana program dan kegiatan tahun mendatang, keterkaitan program BUMD dengan masing-masing SKPD disamping kendala dan permasalahan yang dihadapi BUMD.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus