Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Masih Banyak Anak Dibawah 17 Tahun Gunakan Sepeda Motor

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15415.JPG

    BANDUNG- Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Save The Children Wilayah Jawa Barat, tercatat masih banyak anak-anak Sekolah Dasar dan SMP usia dibawah 17 tahun di Kota Bandung, yang telah menggunakan sepeda motor ke sekolahnya.

    Menurut Windu Mulyana, selaku Program Selamat atau Sosialisasi dan Edukasi Keselamatan Berlanlu Lintas, dari hasil penelitian terhadap 480 siswa SD dan SMP dari 30 sekolah tersebut, 80 persen dari mereka diperbolehkan dan diajari oleh orang tuanya untuk mengendarai sepeda motor.

    “Dari 480 responden 75% menggunakan sepeda motor ke sekolah dan dari jumlah tersrbut 80% diajari oleh orang tua,” ucap Windu, kepada www.Jabarprov.go.id, dalam sebuah diskusi di Luxton Hotel, Selasa (22/12).   

    Windu mengatakan, alasan orang tua memperbolehkan anak-anak mereka menggunakan sepeda motor ke sekolah karena masalahan ekonomis, dimana jika menggunakan kendaraan umum, biaya yang harus dikeluarkan lebih besar ketimbang menggunakan motor.

    “Orang tua beralasan, kalau akan mereka menggunakan angkutan umum biasa untuk transport cukup besar yang harus menggunakan beberapa kali angkutan umum,” ucapnya.

    Windu menghimbau kepada orang tua harus memahami bahaya yang ditimulkan jika anak-anak yang masuh usia dibawah 17 tahun tersebut telah menggunakan sepeda motor.

    “Dari sisi psikologi maupun mental mereka belum bisa mengedalikan dengan baik jika mengalami situasi yang membahayakan dalam berkendaraan,” katanya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus