Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Hadapi MEA, Pelaku UKM Dilatih Negosiasi

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15470.jpg

    BANDUNG–Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), sekitar 2.500 pelaku KUMKM di Jawa Barat mendapat pelatihan tentang dunia bisnis.

    Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jabar Anton Gustoni, para pelaku KUMKM itu dilatih tentang ilmu negosiasi, agar memiliki keahlian ketika berniaga dengan perusahaan luar,  nantinya.

    “Kita sudah melatih sekitar 2.500 pelaku UMKM di Jabar terutama dalam bidang negosiasi. Dalam menghadapi MEA nanti kan mereka pasti bersinggungan dengan perusahaan dari negara-negara ASEAN lainnya, sehingga perlu memiliki pengetahuan tentang negosiasi”, ujar Anton.

    Menurut Anton, produk hasil UMKM Jabar sebenarnya memiliki kualitas yang bagus, hanya saja untuk memasarkan produknya, mereka seolah-olah kurang percaya diri.

    “Sebenarnya kualitas produk UMKM kita sangat baik dan pantas bersaing dengan produk dari luar negeri. Hanya saja seringkali para pelaku UMKM ini merasa tidak percaya diri. Itulah  yang kita dorong, agar mereka menjadi percaya diri atau pede”, katanya.

    Selain diberi pengetahuan tentang negosiasi, para pelaku UMKM itu juga diberi pengetahuan tentang hukum-hukum negara ASEAN terutama hukum bisnisnya. (Pun)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus