Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Industri Kerajinan Harus Dokumentasikan Produk

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15486.jpg

    BANDUNG- Para pengrajin industri kreatif maupun seniman harus mendokumentasikan produk yang dihasilkannya secara lengkap dan di daftarkan ke Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Demikian dikemukakan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Probinsi Jawa Barat, Netty Prasetyani Heryawan.

    “Setiap industi kerajinan maupun produk yang kita miliki untuk mencantumkan penjelasan maupun identitas produk pada kepasan atau produk yang dihasilkan,” ujarnya.

    Menurut Netty, langkah ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan produk kita diakui oleh orang lain atau negara lain, seperti yang pernah terjadi beberapa waktu lalu.

    “Seringkali kita kebakaran jenggot kalau kemudian produk kita diakui oleh orang lain atau negara lain,” ucap Netty, dalam sebuah acara di Bandung akhir pekan kemarin.

    Oleh karena itu menurut Netty, sangat penting bagi pengrajin maupun industri untuk mendokumentasikan, sehingga apapun yang masuk ke Indonesia, kita bisa mengatakan bahwa itu produk kita.

    “Cantumkan juga identitas produk, ini dilakukan sebagai salah satu bentuk proteksi terhadap produk yang kita hasilkan, mengingat saat ini banyak barang tiruan yang diproduksi hampir sama dengan aslinya,” katanya. (Parno)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus