Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Indonesia Punya Banyak Keunggulan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15615.jpg

    BANDUNG (8/1) – Di era MEA saat ini Indonesia sebenarnya punya banyak keunggulan dibanding negera ASEAN lainnya.

    Menurut Direktur Kerjasama Ekonomi ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Enny Hagniningtyas Krisnamurthi, salah satu keunggulan yang tak terbantahkan itu adalah sumber daya manusia dan sumber daya alamnya. Hal itu diungkapkan Enny dalam Seminar tentang peluang dan tantangan dalam era MEA yang digelar di kampus USB YPKP Bandung.

    “Jumlah penduduk produktif Indonesia itu melebihi negara-negara Asean lainnya. Sumber daya alamnya juga tak terbantahkan kita unggul. Hanya sayangnya, itu belum bisa dimanfaatkan betul oleh kita sendiri sebagai modal utama” ujar Enny.

    Kedua keunggulan itu menurut Enny jika tidak bisa dimanfaatkan sendiri, bisa jadi dalam era MEA ini malah menjadi peluang bagi negara Asean lain untuk memanfaatkannya.

    “Sumber daya manusia yang produktif, bisa jadi malah lari ke negara lain karena di Indonesia sendiri tidak mendapat peluang, kemudian sumber daya alam yang melimpah justru disedot negara lain menjadi sumber daya mereka” ujarnya.

    Jika itu yang terjadi, dalam era MEA ini, Indonesia hanya akan menjadi pasar yang menjanjikan bagi negara ASEAN lainnya. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus