Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemprov.Jabar Akan Perbaiki Pengelolaan sampah

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15692.jpg

    BANDUNG-Pemprov. Jabar, melalui perubahan atas Perda Nomor 12 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Sampah siap memperbaiki pengelolaan sampah. Hal tersebut, mengemuka dalam jawaban Wagub  dalam sidang paripurna DPRD Jabar, Kamis (15/1) dengan agenda jawaban Gubernur perihal 2 Raperda.

    Menurut Wagub, sejalan dengan regulasi baru soal pengelolaan sampah di Jabar, pengelolaan sampah akan dilakukan melalui kajian sistematis dan berkelanjutan melalui penyediaan TPPAS agar biaya yang dikeluarkan untuk pengadaan TPPAS sebanding dengan nilai manfaat/ekonomis yang dihasilkan serta perlu pelibatan peran serta masyarakat di dalamnya.

    Dalam pengelolaan sampah, akan dilakukan penerapan teknologi yang fungsinya disesuaikan dengan manfaat yang akan digunakan berdasarkan kajian ekonomi sehingga dapat menjamin kelancaran pelayanan secara efektif dan efisien yang berimplikasi terhadap pembangunan sanitasi serta menunjang pembangunan ekonomi.

    Adapun konsep yang akan digunakan dalam pengelolaan sampah adalah pengelolaan sampah dengan mengutamakan pengurangan sampah di sumbernya, mengolah sampah menjadi sumber daya, meminimalisasi sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA).

    Dijelaskan Wagub, untuk strateginya diarahkan menuju pergeseran paradigma pengelolaan secara bertahap, yaitu paradigma 'kumpul angkut buang' menjadi paradigma "minimasi sampah tertimbun TPA' dengan meningkatkan usaha-usaha reduksi sampah di sumber dan di setiap tahapan proses pengelolaan sampah. (NR)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus