Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jabar Dukung Terbitnya Beberapa Perda

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15793.jpg

    BANDUNG-Fraksi PDI Perjuangan DPRD  Jabar memberikan dukungan  atas terbitnya beberapa Perda yang kini masih dibahas dalam bentuk usulan beberapa Raperda.

    Adapun Raperda yang didukung menjadi Perda meliputi  : Raperda Perubahan Pengendalian dan Pemanfaatan KBU, Raperda Perubahan tentang Pengelolaan Sampah dan
    Raperda tentang Perlindungan Nelayan.Hal tersebut, diungkapkan Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jabar, dalam jumpa pers yang berlangsung Senin (25/1) dengan juru bicara Surahman .

    Menurut Surahman untuk  Raperda tentang Pengendalian dan Pemanfaatan KBU  dinilai mempunyai muatan baik diantaranya untuk kepentingan penyelamatan lingkungan hidup sehingga Raperda tersebut mendapat respon dari Fraksi PDIP DPRD Jabar karena di KBU perlu ditangani secara komprehensif diantaranya untuk melindungi lingkungan hidup.

    Melalui regulasi baru berupa Perda, diharapkan ada penataan lingkungan hidup yang komprehensif sehingga lingkungan hidup dapat terjaga terutama dari kerusakan lingkungan hidup akibat tidak seimbangnya (kurang sinergi) pembangunan di lokasi tersebut.

    Melalui  Perubahan Perda tentang Pengendalian dan Pemanfaatan KBU, rekomendasi yang dituangkan dalam Perda nantinya  dapat betul-betul  dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas. Adapun solusi perlu dibuat dalam regulasi tersebut diantaranya adanya pemetaan wilayah pembangunan serta sinergitas  RT RW yang dibuat oleh  Provinsi dan Kabupaten/Kota.

    Sementara itu, dukungan untuk terbitnya Perubahan Perda Pengolahan Sampah dipaparkan Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jabar Ignatius Budiono. Menurutnya Perda pengelolaan sampah perlu ditindaklanjuti dengan dibuatnya TPPAS di beberapa titik regional. Sampah dengan sarana tersebut, harus menjadi berkah.Targetnya sampah diolah menjadi hal yang bermanfaat.

    Di sisi lain, dukungan untuk terbitnya Perda tentang Perlindungan Nelayan dipaparkan Yunandar. Menurutnya lahirnya gagasan pembentukkan Perda tentang Perlindungan Nelayan merupakan usulan inisiatif dari DPRD Jabar. Diharapkan dengan lahirnya peraturan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan karena 105.000 KK nelayan sebagian besar ada dalam posisi sebagai buruh dengan kesejahteraan yang kurang menguntungkan.

    Hal yang Konkrit diusulkan untuk  Perda tersebut ada jaminan asuransi untuk usaha nelayan serta dukungan bantuan permodalan  melalui skim kredit dari perbankan. Selain itu, ujar Yunandar dengan Raperda Perlindungan nelayan, Perlindungan produktivitas, hasil tangkap nelayan juga akan diakomodir.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus