Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pameran Buku Didorong Terus Tumbuh

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15864.jpg


    BANDUNG—Pesta Buku 2016 yang digelar Ikatan Penerbitan Indonesia (IKAPI) Jabar diharapkan memicu gelaran yang sama agar budaya baca di Jawa Barat terus tumbuh.

    Pada sambutan Gubernur Jawa Barat yang dibacakan Sekretaris Daerah  Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa disebutkan untuk menumbuhkan minat baca masyarakat, dibutuhkan peran aktif segenap elemen masyarakat secara keseluruhan. Karena itu pihaknya mengapresiasi langkah IKAPI Jabar yang menggelar Pesta Buku Bandung 2016.

    “Harapan kita bersama pelaksanaan event ini akan semakin menguatkan komitmen kita untuk bersama-sama menumbuhkembangkan minat membaca, sehingga membaca menjadi kebiasaan, selanjutnya membaca menjadi suatu kebutuhan lalu membaca menjadi suatu budaya,” katanya usai membuka Pesta Buku Bandung 2016 di Landmark, Braga, Bandung, Jumat (29/1).

    Menurutnya jika membaca sudah menjadi budaya akhirnya diharapkan bermuara pada terciptanya masyarakat pembelajar (learning society), sebagai modal berharga untuk mencapai visi jawa barat maju dan sejahtera untuk semua.

    Iwa menuturkan kunci utama untuk mengatasi problem kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan dalam sebuah negara ataupun daerah adalah melalui pembangunan bidang pendidikan secara komprehensif dan berkelanjutan.

    “Pembangunan pendidikan, baik formal maupun non formal bahkan informal, tidak bisa lepas dari komponen pendukungnya yang sangat strategis, yaitu:  buku, perpustakaan dan budaya membaca,” katanya.

    Seiring dengan hal tersebut, teramat jelas bahwa usaha untuk menanamkan minat dan gemar membaca, merupakan kebutuhan mendasar bagi masyarakat, guna meningkatkan daya saing sumber daya manusia yang semakin baik secara berkelanjutan.

    Menurutnya dalam kaitan inilah, penumbuhan minat baca masyarakat memiliki peranan strategis, karena hanya pada masyarakat yang gemar membaca kita dapat mewujudkan masyarakat yang gemar belajar, dan dari masyarakat yang gemar belajarlah, kualitas sumber daya manusia dapat lebih cepat ditingkatkan.

    Upaya menciptakan budaya membaca, sesungguhnya merupakan kebutuhan mendasar bagi masyarakat, guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas dan terampil. “Sehingga mampu menjadi sumber daya pembangunan unggulan, yang mampu menjamin keberlangsungan pembangunan daerah ke arah lebih baik,” paparnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus