Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemprov Jabar Siapkan Paket Kebijakan Akselerasi Penyerapan APBD

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15901.jpg

    BANDUNG- Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, H. Iwa Karniwa mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan lima paket kebijakan agar akselerasi penyerapan APBD 2016 semakin optimal dan sederhana.

    “Terkait anggaran sesuai arahan Gubernur, kita lakukan deregulasi. Ada lima paket perbaikan peraturan dalam rangka mempercepat penyerapan dan pertanggungjawaban anggaran,” kata kata Iwa, usai Rapat Konsolidasi APBD 2016, Senin (1/2).

    H. Iwa menjeaskan,  kelima paket kebijakan tersebut mayoritas terkait dengan kemudahan kabupaten/kota mendapat kucuran anggaran dari Pemerintah Provinsi Jabar. Paket ini juga akan mengakut dana bagi hasil, bantuan keuangan kabupaten/kota, bantuan social, hingga tim pengelolaan anggaran daerah.

    Langkah menyiapkan lima paket kebijakan percepatan penyarapan anggaran ini dilakukan agar pelaporan akan jauh lebih akurat dan cermat. Deregulasi juga akan menyangkut tata cara pencairan, tata cara bagaimana pengusulan pencairan oleh daerah dan lain-lain dan salah satu yang sudah siap aplikasinya adalah pencairan dana bagi hasil ke daerah.

    “Untuk pembagian dana bagi hasil dari sector PKB, BBNKB, pajak rokok dan air permukaan akan alngsung ditransfer oleh Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat ke rekening kabupaten/kota. Transfer ini tak lagi menunggu ajuan dari daerah yang bisa memakan waktu lama karena harus direkap dan dicek ulang,” jelasnya.

    Kebijakan langsung mentransfer dana ini, menurut Iwa, nantinya akan dilakukan setiap memasuki triwulan I, II dan III. Dan pada triwulan IV realisasinya sesuai data dan fakta dikurangi transfer yang sudah dilakukan pada triwulan I, II, dan III.

    “Pemprov Jabar menjamin dengan adanya deregulasi ini, maka likuiditas di kas daerah akan semakin besar dan bisa meningkatkan akselerasi pembangunan,” katanya. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus