Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Suku Bunga Bank Rendah Agar Bersaing di Era MEA

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_16235.jpg

    BANDUNG–Ketua Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad mengatakan salah satu kendara UMKM berkembang adalah karena tingginya suku bunga pinjaman. Kedepan bunga pinjaman harus rendah agar bisa berdaya saing di era MEA.

    Muliaman mengakui bahwa salah satu kendala perbankan di tanah air yaitu tingkat suku bunga. Menurutnya, pihaknya menginginkan akhir tahun ini, suku bunga perbankan mencapai single digit atau di bawah 10 persen, seperti halnya yang diberlakukan perbankan negara-negara ASEAN lainnya. Namun, katanya, untuk merealisasikannya, tidak dapat secara sekaligus, tetapi bertahap.

    "Tidak mungkin Indonesia mengikuti AEC atau Trans Pasific (Kerja sama ekonomi negara-negara Pasifik) tanpa persiapan. Untuk itu, pemerintah berkomitmen membangun daya saing. Satu di antaranya, rendahnya suku bunga," paparnya Sabtu (27/2) di Bandung.

    Diutarakan, upaya-upaya menurunkan suku bunga itu diupayakan pemerintah melalui berbagai program. Muliaman berpandangan, akan menjadi lebih efektif apabila segala sesuatunya terintegrasi.

    Dia menilai, jika suku bunga rendah, ekonomi dapat lebih bergerak. Itu karena, jelasnya, tercipta pertumbuhan penyaluran kredit. Karenanya, imbuh dia, pihaknya pun melakukan upaya-upaya berkenaan dengan kredit. Selain soal suku bunga, sahut dia, pihaknya pun memperlebar akses pembiayaan di daerah-daerah.

    "Pemerintah pun membuat prioritas, semisal, pada sektor maritim, ekonomi kreatif, dan lainnya. Itu menjadi bagian upaya meningkatkan penyaluran kredit," tutupnya.  Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus