Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Subhanallah, Indahnya Gerhana Matahari

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_16376.jpg

    LEMBANG-Sekitar pukul 06.35 para pengunjung Boscha Lembang mulai mengarahkan kameranya ke titik gerhana  matahari. Ada yang menggunakan kamera handphone, kamera saku dan tentu kamera DSLR baik yang biasa maupun yang untuk profesional. 

    Untuk membidik moment gerhana matahari itu, setiap kamera harus terlindungi dengan baik. Tidak bisa langsung membidik gerhana matahari. Lensanya harus menggunakan filter khusus, seperti filter ND yang harganya juga cukup mahal. Bila tidak ada filten ND, bisa juga menggunakan negatif film, bekas disket dan atau negatif film bekas "ronsen", walaupun hasilnya tidak sebaik menggunakan Filter ND yang memang peruntuikannya untuk itu.

    Tepat pada pukul 06.30, "langit" di sekitar Lembang cukup cerah, matahari mulai terlingkup bayang-bayang bulan sebesar 10 %. Kemudian sampai pukul 07.15 mulai tertutup sekira 50 % dan akhirnya pada pukul 08.00 hingga 30 menit kemudian tertutup bayang-bayang bulan sebesar kurang lebih 80 persen serta berlangsung  beberapa menit yang untuk kemudian hilang, matahari bersinar kembali seperti sedia kala. Selesailah sudah gerhana matahari.

    Moment fenomena gerhana matahari khususnya di Lembang menyedot perhatian masyarakat, termasuk para awak media, baik lokal maupun nasional. Tampak beberapa stasiun televisi nasional ikut meliput peristiwa tersebut di area Peneropong Bintang Boscha Lembang.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus