Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    UN 2016 Jenjang SMA Diiikuti 538.000 Peserta

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_16577.jpg

    BANDUNG- Ketua Panitia Ujian Nasional (UN) 2016 Tingkat Provinsi Jawa Barat, Firman Adam mengatakan, UN Jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) yaitu UN SMA, SMK, MA, MAK dan Paket C di seluruh wilayah Jawa Barat diikuti oleh 538.000 peserta.

    “UN dilakukan dengan dua metode, yaitu UN dengan metode Computer Basic Test atau UN Berbasis Komputer dan Paper Basic Test atau UN Berbasis Kertas,” kata Firman dalam Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan UN 2016 di Aula Ki Hadjar Dewantara Gedung Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Lantai IV, Jalan dr. Radjiman, Kota Bandung, Selasa (22/3).

    Firman menjelaskan,  yang mengikuti ujian nasional berbasis komputer tahun ini di Jawa Barat kurang lebih 20 persen dari total peserta 538.000 siswa atau sekitar 112.000 peserta. Tersebar di 452 sekolah terdiri dari SMA, MA dan SMK. Sedangkan yang 80 persen lagi mengikuti UN Berbasis Kertas.

    “Jadi, berbeda dengan tahun kemarin. Kalau tahun lalu kan yang mengikuti UN Berbasis Komputer hanya siswa di 102 sekolah, sekarang di 452 sekolah dengan jumlah lebih dari 112.000 siswa. Sehingga pengadaan untuk naskah soal UN dengan kertas pada tahun ini tidak sebanyak tahun kemarin atau trendnya berkurang. Dengan berkurangnya ini, harapan kita bisa semakin lancar, bisa semakin dimudahkan karena bebannya tidak terlalu berat,” katanya.

    Untuk pelaksanaan UN tahun depan, kata Firman, pihaknya menargetkan 50 persen peserta dari total peserta UN mengikuti UN Berbasis Komputer.

    “Jadi, tahun depan diharapkan hanya tinggal setengahnya saja naskah soal UN dengan kertas yang didistribusikan ke kabupaten/kota di Jawa Barat. Mudah-mudahan setiap tahun terus bergeser dan kita harapkan di tahun 2019 atau tahun 2020, semua peserta UN di Jawa Barat mengikuti UN Berbasis Komputer,” katanya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus