Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Perkenalkan Geopark Ciletuh, Melalui Kartini Ciletuh

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_16941.jpg

    BANDUNG-Pusat Penelitian dan Kebencanaan Universitas Padjadjaran bekerja sama Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menggelar “Kartini goes to Ciletuh Geopark” guna memperkenalkan “Ciletuh Geopark”, Kabupaten Sukabumi, pada 15-17 April  2016.

    Kegiatan tersebut sekaligus untuk memperingati Hari Kartini dengan melibatkan 21 wanita dari berbagai profesi, ibu rumah tangga sampai mahasiswa dari berbagai jurusan di Unpad. Bersamaan dengan peringatan Hari Kartini untuk mengedepankan citra perempuan Indonesia.

    Kepala Puslit dan Kebencanaan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Unpad, Prof Mega Fatimah Rosana  mengatakan kegiatan itu untuk mempromosikan Ciletuh Geopark sebagai salah satu tujuan wisata di Jabar.

    Ciletuh Geopark merupakan kawasan wisata taman alam batuan tua telah mendapatkan sertifikat sebagai geopark nasional dari Komite Nasional Indonesia untuk Unesco dan Kementerian ESDM. Keberadaannya sudah layak mendapatkan sertifikat dari Unesco mengingat memiliki keragaman fenomena geologi, keragaman biologi, dan keragaman budaya.

    Pengukuhan Ciletuh sebagai geopark oleh Unesco untuk menjadi geopark internasional merupakan target Pemprov Jabar pada 2017 mendatang.Pemandangan yang ditawarkan Ciletuh sangat indah karena memiliki air tejun, tebing, perbukitan sampai pantai. Batuan alam yang terdapat di geopark ini merupakan hasil sedimentasi berbagai fosil, patahan, dan lempengan bumi puluhan juta tahun silam.

    Sementara itu, Ketua Panitia Kartini Ciletuh dari Kreasindo Komunika, Juston Pangaribuan, menyebutkan ke-21 wanita peserta kegiatan tersebut memiliki kesamaan, dimana dalam kelembutan jiwa mereka menyukai petualangan, dan berani mencoba ke luar dari rutinitas keseharian mereka. Para Kartini modern ini akan mendatangi sejumlah lokasi Ciletuh Geopark. “Lokasi itu, Curug (air terjun) Awang, Curug Tengah, Puncak Manik, Curug Sodong, Curug Cimarinjung, dan Curug “non name”.

    Hari kedua, perjalanan menuju Puncak Dharma serta di lokasi itu akan ditancapkan Bendera Merah Putih dan Unpad. jo.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus