Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jalan Khusus Tambang Diusulkan Dibangun di Cigudeg dan Rumpin

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_16979.jpg

    KABBOGOR-Wakil Gubernur  Jawa Barat  Deddy Mizwar menyambut baik usulan jalan khusus tambang yang dilontarkan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Bogor M. Ridwan pada Rakor pembangunan jalan tambang di Bogor, Selasa (19/04/16).

    Deddy Mizwar mengatakan, usulan tersebut bisa saja direalisasikan bila ada kesepakatan dari semua pihak dan untuk kebaikan masyarakat.

    "Silakan solusi apapun yang terbaik saya setuju asal tidak lagi menggunakan jalan lama karena kemaksiatan akan meningkat disitu, intinya saya sepakat dan buatlah tim khusus untuk membahas lebih dalam." ujarnya.

    Jalan khusus tambang ini, papar Ridwan, untuk menangani persoalan kerusakan lingkungan akibat aktivitas penambangan di Kecamatan Cigudeg dan Rumpin di Kabupaten Bogor.

    Kendaraan yang melintasi jalan khusus ini, menurut Ridwan, adalah truk bermuatan tambang bertonase besar milik perusahaan yang berada di Kecamatan Cigudeg dan Rumpin, sehingga tidak lagi menggunakan jalan lama yang  menyatu dengan aktivitas masyarakat.

    "Ini merupakan salah satu solusi mengatasi pencemaran lingkungan, jadi jalan ini khusus untuk angkutan pertambangan, di beberapa daerah di Kalimantan juga sudah ada" katanya.

    Ridwan menjelaskan, jalan khusus tambang sepanjang hampir 20 Km ini memerlukan biaya untuk pembebasan lahan seluas 23 Hektare yaitu sebesar Rp 23,4 Milyar. Dana ini bisa diperoleh dari konsorsium semua perusahaan yang berdiri di kawasan industri hulu Bogor Barat.

    "Ini seperti Tol Tambang, yang melintas adalah truk-truk bertonase diatas 20 ton, akan menghemat biaya BBM karena waktu tempuh lebih singkat, tidak ada lagi pungutan liar dan kemacetan, tentunya tidak ada polusi ke masyarakat sekitar,  pembangunannya dari konsorsium kita buat koperasi" , terangnya.

    Rakor pembangunan jalan khusus tambang ini dihadiri oleh Kadis Binamarga Jabar, Kadis ESDM Jabar, Kepala BPLHD  Jabar, Kadis ESDM Kabupaten Bogor, asosiasi penambang dan asosiasi transportasi.

    Salah seorang perwakilan pengusaha tambang, Tb. Sudrajat mengatakan usulan pembangunan jalan khusus tambang ini sangat membantu aktivitas perusahaannya, karena itu ia setuju dan berharap segera direalisasikan. "ini sangat masuk akal, sangat membantu galian saya di Cigudeg dan mengurangi pungutan liar" ujarnya

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus