Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Aher Minta Komitmen Seluruh OPD, Tingkatkan Kinerja

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_17040.jpg

    BANDUNG–Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menargetkan di tahun 2016 ini Pemprov Jabar dapat meraih minimal nilai A dalam akuntabilitas kinerja dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

    Karena itu, Aher meminta komitmen seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Jabar untuk melakukan berbagai perbaikan, mulai dari aspek perencanaan, pengukuran, pelaporan, evaluasi dan capaian kerja yang terangkum dalam sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP).

    Hal itu disampaikan Aher usai melakukan Penandatanganan Perjanjian Kinerja dengan seluruh Kepala OPD yang disaksikan langsung oleh Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas dan Pengawasan Kemenpan-RB, di Gedung Sate Bandung, Jumat (22/04/16).

    “Tahun ini secara khusus saya targetkan kita raih kategori A, jangan dijadikan beban tapi justru menjadi motivasi untuk terus berkarya dan dengan menunjukan kemampuan dan kontribusi terbaiknya,” kata Aher di hadapan seluruh Kepala OPD dan Biro.

    Untuk mencapai target tersebut kata Aher tidaklah terlalu sulit. Berkaca pada tahun sebelumnya Pemprov Jabar meraih nilai akuntablilitas kinerja sebesar 70,06 dengan Kategori BB. Untuk meningkatkan nilai tersebut adalah dengan melakukan *review *atas perencanaan strategis baik di level Provinsi maupun OPD terutama pada sasaran strategis dan indikator kinerjanya sehingga berorientasi pada *outcome.*

    “Ini bukan penilaian WTP tapi harus berorientasi pada hasil atau o*utcome, *RPJMD harus dijadikan acuan dalam menyusun rencana strategis di OPD, kita persembahkan kinerja terbaik kita untuk masyarakat Jawa Barat, *outcome* ini harus bisa dipertanggung jawabkan, harus sesuai antara anggaran yang keluar dengan performa yang dihasilkan, saya kira ini tidak sulit, “ ungkapnya.

    Aher pun akan melihat keseriusan dari masing-masing kepala OPD dan Biro dalam mengimplementasikan sistem AKIP dan mengharapkan adanya laporan setiap perkembangannya sebagai bahan evaluasi. “Sebagai wujud keseriusan dari Kepala OPD saya minta nanti pada saat asistensi dengan Kemenpan-RB dilakukan secara pribadi tidak diwakilkan kepada pejabat di bawahnya,” ujarnya.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus