Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Karawang Laksanakan BBGRM Ke-13 Tahun 2016

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_17154.JPG

    KARAWANG-Sebagai upaya meningkatkan kembali kebiasaan gotong royong di masyarakat, Pemerintah Kabupaten Karawang mengadakan kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) XIII yang berlokasi di Kampung Budaya Desa Wadas, Kecamatan Teluk Jambe Timur pada Rabu  (27/4), yang dipadukan dengan kegiatan Hari Gerak Kesatuan PKK ke 44 Tingkat Kabupaten Karawang.

    Acara tersebut di hadiri oleh Wakil Bupati Karawang H. Ahmad Zamakhasary mewakili Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana, Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang, para Asisten daerah dan staf ahli, para kepala OPD se-kabupaten karawang, para camat dan lurah se-kabupaten karawang, ketua tim penggerak PKK kabupaten karawang dan para tamu undangan.

    Acara di mulai dengan pemukulan bedug oleh Wakil Bupati Karawang, didampingi oleh kepala desa wadas H. Junaedi dan Kepala BPMPD (Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa) Kabupaten Karawang Drs. H. Akhmad Hidayat, yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian bantuan kepada warga dan penghargaan kepada perusahaan yang telah memberikan sumbangsih dalam penataan lingkungan di Desa Wadas yang secara simbolis diberikan kepada perwakilan dari perusahaan PT. Surya Jaya Plastik, PT. DNP Indonesia, PT. Toyota motor Indonesia dan Manajemen KIIC.

    Dalam sambutannya wakil Bupati menyampaikan, “Kegiatan ini mempunyai tujuan untuk mempercepat proses keseimbangan pembangunan antara perkotaan dan perdesaan, oleh karena itu, dalam pelaksanaannya sangat membutuhkan dukungan partisipasi dari seluruh komponen masyarakat, sehingga program Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, benar-benar merupakan pembangunan yang berasal dari rakyat, untuk rakyat dan dilaksanakan oleh rakyat serta hasilnya diharapkan bermanfaat bagi kepentingan hajat orang banyak.” Ungkapnya

    Jimmy, menambahkan ”istilah Gotong-Royong  merupakan “ciri khas” budaya bangsa Indonesia sejak dahulu, namun seiring perjalanan waktu dan masuknya pengaruh budaya luar yang sangat individual saat ini, rasa kebersamaan dan gotong-royong semakin memudar, kepekaan sosial mulai berkurang, tegur sapa dan bercengkrama serta kesadaran saling membantu sudah mulai luntur. Untuk itu marilah kita galakkan lagi Budaya Gotong-Royong Masyarakat, hal ini sangatlah tepat untuk diterapkan dalam pembangunan Kabupaten Karawang yang kita cintai ini, sejalan dengan tema tahun ini yaitu “Dengan Semangat dan Kebersamaan Melalui Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan Hari Kesatuan Gerak PKK Kita Tingkatkan Pemberdayaan Masyarakat Karawang Menuju Kemandirianva” tuturnya

    Selanjutnya mengenai Hari Kesatuan Gerak PKK ke 44 tingkat Kabupaten Karawang, menurut Jimmy “PKK diharapkan dapat memberikan makna yang mendalam dalam berkiprah dan berkarya secara nyata dalam menyumbangkan dharma bhaktinya bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara, mengingat gerakan PKK merupakan wadah aktivitas sosial kemasyarakatan bagi keluarga.” Ujarnya

    Sebelumnya, dalam laporan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Drs.H. Akhmas Hidayat menyampaikan. Adapun dasar kegiatan ini ialah peraturan menteri dalam negeri nomor: 42 tahun 2005 tentang pedoman penyelenggaraan BBGRM dan surat keputusan bupati nomor : 147.05/Kep.163-HUL/2016 “Pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIII dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 44” tahun 2016, dengan sasaran kegiatan meliputi : (1) sosial kemasyarakatan, (2) ekonomi kerakyatan, (3) sosial budaya, (4) agama, (5) lingkungan hidup.  

    Latar belakang dilaksanakan BBGRM dan HKG PKK ini ialah untuk memperkokoh integritas sosial bangsa di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merupakan bagian dari sistem nilai budaya bangsa yang perlu dilestarikan untuk memperoleh hasil guna yang optimal bagi pertumbuhan kesejahteraan kehidupan masyarakat, untuk tujuan untuk meningkatkan peran aktif masyarakat melalui semangat kebersamaan membangkitkan semangat gotong royong. (maya)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus