Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gotong Royong, Energi Kolektif Membangun Bangsa

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_17269.jpg

    KOTA BANJAR-Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat XIII, sekaligus membuka peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-44 Tahun 2016, di Lapang Bakti Kota Banjar, Rabu (04/05/2016).

    Dalam sambutannya Deddy menekankan, sebagaimana amanat Permendagri No. 42 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, disebutkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya pelestarian nilai- nilai gotong royong masyarakat, sekaligus upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

    "Dalam kaitan itulah, kita menyelenggarakan kegiatan ini tiada lain dalam rangka memperkuat dan menggelorakan kembali nilai-nilai gotong royong dan semangat kekeluargaan yang ada pada masyarakat Jawa Barat sebagai energi kolektif guna mengatasi dan menanggulangi berbagai masalah sekaligus membangun bangsa dan daerah tercinta kita ini," ungkap Deddy.

    Deddy menambahkan, gotong royong merupakan identitas asli sekaligus pondasi sosial budaya bangsa Indonesia, yang secara harfiah berarti bekerja bersama-sama menurut batas kemampuannya untuk mencapai hasil atau visi yang didambakan.

    Dalam konteks pembangunan Jawa Barat, penguatan nilai-nilai gotong royong sangatlah penting dalam mengawal pembangunan daerah, dan lebih luas lagi pembangunan bangsa. Terlebih saat ini tantangan pembangunan semakin meningkat ke level global dengan hadirnya MEA. Disini, nilai-nilai gotong royong sebagai budaya bangsa kita, dapat dijadikan sarana untuk mengeksplorasi potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) sekaligus.

    Terkait dengan HKG PKK ke-44, PKK merupakan organisasi yang berperan dalam pemberdayaan keluarga. Karena keluarga merupakan fondasi utama bagi terwujudnya kesejahteraan masyarakat, bangsa dan negara. Di sinilah peran PKK juga hadir sebagai pengawas jalannya program-program pemerintah di masyarakat.

    Pada saat yang bersamaan Provinsi Jawa Barat pada tahun 2016 ini, telah siap menjadi tuan rumah PON XIX & Peparnas XV. Deddy pun mengajak seluruh masyarakat Jawa Barat, khususnya warga Kota Banjar untuk berperan aktif mensukseskan PON dan Peparnas. Minimal dengan membantu sosialisasi pada kerabat terdekatmya.

    "Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh masyarakat Jawa Barat untuk berpartisipasi mensukseskan event nasional tersebut, setidaknya ikut serta mensosialisasikan kepada keluarga, kerabat, tetangga dan handai taulan semua," ujar Deddy.

    "Sehingga penyelenggaraan PON dan Peparnas benar- benar menggelora ke seluruh pelosok Jawa Barat," tambahnya.

    Hadir pada acara jajaran Forkopimda Jabar, Wakil Ketua TP PKK Jawa Barat, Para Asisten Sekda Jabar, para Staf Ahli, para Kepala OPD, dan para kepala Biro lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Walikota/ Wakil Walikota Banjar, Bupati/ Walikota se- Provinsi Jawa Barat,  Ketua TP PKK Kabupaten/ Kota se- Jawa Barat, Kepala OPD, para Kepala SKPD se-kota Banjar, para Camat, Lurah/ Desa, serta para Pengurus PKK

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus