Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Penuhi Hak Pendidikan Anak di PAUD dan TK

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_17287.jpg

    BANDUNG–Setiap anak memiliki hak dasar yang harus dipenuhi. Hak-hak tersebut antara lain hak hidup lebih layak, hak tumbuh dan berkembang, hak perlindungan, dan hak partisipasi. Pemenuhan salah satu hak tersebut diantaranya melalui pendidikan yang bermutu sedini mungkin. Disitulah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK) memegang peranan penting.

    Hal tersebut disampaikan Bunda PAUD Jawa Barat, Netty Heryawan, saat membuka secara resmi Konferensi Provinsi Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) se-Jawa Barat, di Hotel Narapati, Jalan Pelajar Pejuang No. 31-35 Bandung, Sabtu (07/05/16) malam.

    Menurut Netty, PAUD dan TK bukan hanya program pendidikan dari pemerintah semata, tetapi juga menjadi kebutuhan guna memenuhi hak pendidikan anak, sehingga tumbuh kembang anak menjadi optimal. Ia mencontohkan, kasus tewasnya Yuyun, pelajar kelas 2 SMP di Bengkulu setelah diperkosa secara bergilir oleh 14 remaja yang beberapa diantaranya merupakan teman sekolah sekaligus tetangga korban.

    “Ini kan pelajaran, adanya salah asuh pada remaja-remaja tersebut”, ujar Netty dalam sambutannya.

    “61-63% pelaku kekerasan fisik dan seksual pada anak merupakan orang-orang terdekat, sehingga anak seharusnya dibimbing untuk lebih aware”, sambungnya.

    Untuk itu, Netty berharap diselenggarakannya Konferensi Provinsi IGTKI – PGRI ini dapat melahirkan leader yang cakap dan mampu merangkul seluruh tenaga kependidikan anak usia dini, sehingga lebih berkompeten membentuk pola asuh anak yang aman.

    Pada acara ini, Netty juga menyerahkan penghargaan pengabdian pengurus IGTKI – PGRI Jawa Barat kepada Ibu Siti Darojah dari Kota Depok sebagai pengurus senior dan Ibu Anon dari Kota Sukabumi sebagai pengurus paling junior.

    Acara ini turut dihadiri oleh Ketua IGTKI – PGRI Provinsi Jawa Barat Reni Kusnaeni, Ketua PGRI Provinsi Jawa Barat Edi Parmadi, Ketua Umum PP IGTKI – PGRI Faridah Yusuf, dan Ketua HIMPAUDI Jawa Barat Rudiyanto.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus