Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Ruang Untuk Kreasi Seni Kaum Disabilitas

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_17289.JPG

    BANDUNG-Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa yang hadir pada kesempatan Olimpiade Seni dan Desain Bagi Penyandang Disabilitas 2016 di Kampus Widyatama, Jl. Cikutra Kota Bandung pada Minggu (8/5), mengatakan bahwa kegiatan olimpiade tersebut sangat tepat dengan momentum telah disahkannya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas pada April lalu. UU tersebut merupakan revisi dari Undang-Undang Penyandang Cacat.

    “Perlu ada sosialisasi supaya terinformasikan bahwa ada Undang-Undang Penyandang Disabilitas yang basis pendekatannya sangat berbeda dengan Undang-Undang Penyadang Cacat. Undang-Undang Penyandang Cacat pendekatannya lebih kepada rehabilitasi dan charity tetapi Undang-Undang Penyandang Disabilitas lebih fokus pada pemenuhan hak-hak dasar Penyandang
    Disabilitas,” tutur Khofifah dalam sambutannya.

    Salah satu hal yang tercantum dalam undang-undang ini, yakni inklusifitas dari semua level atau jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP atau sederajat, hingga SMA/SMK atau sederajat, hingga perguruan tinggi. Menurut Khofifah hal tersebut perlu didorong bersama oleh semua level pemerintahan baik dari kementerian di tingkat pusat, provinsi, hingga kabupaten/kota dengan melibatan dunia industri.

    “Termasuk bagaimana memberikan ruang bagi seluruh produk kreasi penyandang disabilitas termasuk seni dan desain yang diolimpiadekan hari ini. Maka inisiasi ini menjadi sangat penting untuk bisa menjadi PR bersama dalam membangun link and match dengan dunia industri. Supaya mereka (dunia industri) terinformasikan bahwa ada produk-produk inovatif dan kreatif yang nilainya tidak kalah dengan mereka yang bukan penyandang  disabilitas,” pungkasnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus