Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemerintah Ungkap Target Ekspor

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_17450.jpg

    BANDUNG-Pemerintah, telah menargetkan target ekspor. Untuk tahun 2016, target tersebut meliputi pertumbuhan ekspor produk non-migas, rasio ekspor jasa terhadap PDB, target pertumbuhan ekspor dan kontribusi produk manufaktur terhadap total ekspor.Hal demikian, diungkapkan Sekretaris Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Ari Satria, dalam kegiatan Forum Ekspor Jabar, Di Gedung BI Bandung, Rabu (18/5).

    Ari, lebih lanjut memaparkan di tahun 2016, pertumbuhan ekspor produk non-migas ditargetkan sebesar 5,3 persen, rasio ekspor jasa terhadap PDB sebesar 2,8 persen dan kontribusi produk manufaktur terhadap total ekspor sebesar 47 persen serta pertumbuhan ekspor sebesar 4,5 sampai 5 persen.

    Banyak faktor yang bisa mendorong, realisasi ekspor Indonesia antara lain pertumbuhan volume perdagangan di tahun 2017 diprediksi meningkat dan  trend harga manufaktur meningkat. Di sisi lain, dari sisi pasar ekspor saat ini terjadi diversifikasi negara tujuan ekspor Indonesia, dimana negara tujuan ekspor tidak hanya merambah ke negara-negara utama, tetapi juga merambah ke negara yang sebelumnya tidak/belum ekspor.

    Negara tujuan ekspor dengan kategori pasar utama berjumlah 14 negara dengan 5 negara ekspor terbesar antara lain : Amerika Serikat, Cina, Jepang, India dan Singapura. Sementara itu, untuk tujuan ekspor pasar prospektif berjumlah 19 negara dengan negara ekspor terbesar masing-masing Taiwan, Australia, Saudi Arabia, Hongkong dan UEA.

    Dalam rangka penguatan ekspor, sambung Ari, berbagai strategi sudah disiapkan antara lain : pengembangan negara tujuan pasar ekspor baru, penetrasi pasar melalui promosi dan pemasaran, penguatan nilai tambah dan daya saing serta peningkatan ekspor non migas.

    Pasar baru yang dibidik, ujar Ari meliputi kawasan Asia, Afrika , Timur Tengah dan Amerika Latin. Pengembangan pasar baru dilakukan dengan tetap mempertahankan ekspor ke negara-negara tujuan utama. (NR)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus