Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Layanan Implementatif Bapusipda Digandrungi Masyarakat

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_17616.jpg

    BANDUNG-Kepala Bidang Deposit dan Pengolahan Bahan Perpustakaan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Bapusipda) Provinsi Jawa Barat, Dr.Hj. Oom Nurrohmah, Msi mengatakan, layanan perpustakaan tidak hanya sebatas layanan baca dan pinjam bahan bacaan saja, melainkan juga layanan implementasi hasil bacaannya, antara lain melalui kegiatan workshop.

    “Dalam layanan implementatif ini, selain dikenalkan tentang suatu isi bacaan, juga dipraktekkan. Misalnya tentang peperenian atau rumah adat seperti rumah adat bentuk jolopong, badak heuay dan parahu nangkub. Dalam layanan implementatif dikenalkan bahannya dari apa, bentuknya seperti apa, dan kita buat replikanya. Kalau tidak ada layanan implementatif dari Bapusipda dikhawatirkan bisa hilang warisan budaya yang sangat berharga itu,” katanya.

    Dalam setiap kegiatannya, menurut Hj. Oom, ternyata layanan implementatif ini semakin banyak diminati masyarakat. Layanan implementatif dinilai paling efektif dalam pembinaan dan pengembangan budaya baca melalui perpustakaan dan paling digandrungi oleh masyarakat.

    “Masyarakat seneng dengan pendekatan aplikatif karena manfaatnya bisa diterapkan atau bisa terasa dalam jangka pendek. Dan akhirnya layanan implementatif ini berimplikasi membangun jiwa kewirausahaan, jadi ekonomi kreatif, bahkan menjadi suatu souvenir dalam lingkup budaya,” katanya. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus