BANDUNG-PT Pos Indonesia (Persero) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) menandatangani Memorandum of Understanding
(MoU) fasilitasi aktivitas UKM.
Penandatanganan kesepahaman ini dilakukan oleh Direktur Paket dan Surat PT Pos Indonesia (Persero) Agus F Handoyo dan Deputi Bidang
Produksi dan Pemasaran Kementerian KUKM Ir. I Wayan Dipta, Msc, di Graha Pos Indonesia, Jalan Banda No. 30, Kota Bandung, Sabtu
(4/6/2016).
Nota Kesepahaman ini merupakan upaya membangun sinergi antara Pos Indonesia, sebagai BUMN yang bergerak di bidang jasa perposan dan
memiliki jaringan terluas, dengan Kementerian KUKM dalam menyiapkan rumusan kebijakan dan koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang
pemasaran dan jaringan usaha pada UKM. Pada kesempatan ini juga dilakukan peluncuran Aplikasi Galeri UKM.
Pos Indonesia menyadari, para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan salah satu pilar ekonomi negara yang sangat penting,
sehingga perlu mendapat dukungan dari semua pihak. Selaku BUMN, sebagaimana amanah UU No. 19 tahun 2003, Pos Indonesia memiliki
tanggung jawab untuk turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan lemah, koperasi, dan masyarakat.
Dalam sambutannya, Direktur Paket dan Surat PT Pos Indonesia (Persero) Agus F Handoyo mengemukakan, keberadaan web Galeri UKM yang
diluncurkan, akan sangat membantu UKM untuk mengembangkan bisnis dan jaringannya.
Melalui Nota Kesepahaman ini, tambah Agus, Pos Indonesia memberikan komitmen pengembangan UKM melalui beberapa hal, yaitu memberi dukungan
pembiayaan untuk menyelenggarakan forum UMKM yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM, menyediakan website marketplace untuk
display produk UMKM, menyediakan space di Kantorpos UMKM corner, serta menyediakan fasilitas produk khusus bagi UMKM untuk pengiriman dokumen
dan barang baik domestik maupun internasional.
“Kesepahaman ini diharapkan dapat memfasilitasi UKM untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan bisnis, meningkatkan akses pasar baik domestik
maupun internasional, serta untuk distribusi produk UKM baik untuk tujuan domestik maupun internasional,” jelas Agus.
Bagi Pos Indonesia, dari komitmen terhadap UKM tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan para pelaku UKM untuk menjadi mitra Pos
Indonesia, sehingga UKM dapat tumbuh dan maju dalam bisnisnya dengan dukungan jaringan dan layanan Pos Indonesia di seluruh Indonesia. jo
Tweet |
![]() |