Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemprov. Jabar Siap Bangun Kawasan Koridor Pembangunan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/agub1.jpg

     

    Pada rakor Presiden yang dihadiri Para Gubernur Jabar, terungkap adanya rencana pemerintah yang akan membangun kawasan koridor pembangunan. Untuk Jabar sendiri, beberapa kawasan direkomendasikan untuk dijadikan kawasan koridor pembangunan.
     
    Terkait dengan hal tersebut, Pemprov. Jabar siap membangun kawasan koridor pembangunan.Hal demikian, diungkapkan Gubernur Jabar, h. Ahmad Heryawan dalam keterangannya kepada wartawan di Gedung Sate (28/2).
     
    Menurut Gubernur, sesuai rekomendasi dari Pemerintah Pusat di beberapa daerah di Jabar dirancang menjadi koridor industri manufaktur dan permesinan. Lokasi yang akan dijadikan koridor sektor tersebut adalah Bekasi dan Cikampek.
     
    Industri kreatif, direkomendasikan direalisasikan di Kota Bandung. Jabar, atas rekomendasi tersebut mengusulkan Kawasan Cirebon juga menjadi koridor industri kreatif sehingga untuk industri kreatif di Jabar akan ada di dua tempat yaitu Kota Bandung dan Cirebon.
     
    Selanjutnya, ke depan kegiatan industri TPT akan dipusatkan di Majalengka. Rencana tersebut, dinilai realistis karena kawasan Bandung Selatan sudah tidak mendukung kegiatan tersebut mengingat daerah tersebut merupakan daerah langganan banjir.
     
    Relokasi kawasan industri TPT di Majalengka merupakan langkah sinergis dalam kaitannya dengan pembangunan infrastruktur strategis yaitu pembangunan Bandara Internasional Kertajati.
     
    Gubernur, dalam keterangan lainnya mengatakan dalam pertemuan rakor tersebut juga terungkap keseriusan pemerintah untuk membangun infrastruktur jalan tol yaitu Jalan Tol Cisumdawu, Jalan Tol Pasteur-Cileunyi, Jalan Tol Soroja. Ruas Jalan tol tersebut, akan segera dibangun.
     
    Tentang target waktu, sesuai dengan rancangan kawasan koridor pembangunan, diharapkan dapat tuntas antara 5 sampai 10 tahun ke depan. Hal terpenting, untuk tahap awal Jabar siap membuat kawasan koridor pembangunan tersebut, yang salah satunya dengan menyiapkan lahan.
     
    Realisasi atas rencana tersebut, yang diwujudkan dengan peningkatan kegiatan pembangunan akan dipayungi melalui produk hukum berupa Kepres.
     
    Peningkatan kegiatan pembangunan, juga dirintis melalui kerjasama antar Provinsi. Untuk kerjasama tersebut, salah satunya dengan Provinsi DKI  Jakarta. Kerjasama dengan Provinsi tersebut, ujar Gubernur akan difokuskan untuk daerah yang berbatasan dengan DKI Jakarta yaitu Bodebekjur.(nur)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus