Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    105 Orang Khatamkan Al-Quran 20 Kali Sehari

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_18025.jpg

    KOTA BEKASI-Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menutup kegiatan Khataman atau membaca Al-Quran hingga selesai, yakni 30 juz 20 kali dalam sehari. Kegiatan ini di gelar dalam rangka Gema Quran ke-2 Tahun 2016 yang digelar oleh Masjid Al-Kautsar RT 001 RW 03 Kampung Pedurenan, Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi pada Minggu sore (26/6/2016).

    Kegiatan ini diikuti 105 orang peserta dengan usia SD Kelas 2 hingga orang dewasa. Mereka berhasil menyelesaikan membaca Al-Quran 30 Juz sebanyak 24,7 kali sehari dari target 20 kali sehari, sehingga total ada 741 Juz Al-Quran yang telah dibaca dalam sehari dari pukul 05.00 sampai pukul 18.00 WIB.

    Wagub Deddy Mizwar pun sangat mengapresiasi kegiatan ini, seraya berharap di kampung tersebut akan lahir hafidz dan hafidzah Al-Quran. Selain itu, dia juga berharap Al-Quran sebagai pedoman hidup umat Islam, tidak hanya dibaca namun apa yang terkandung di dalamnya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

    "Kegiatan ini sangat mendidik, khususnya untuk generasi muda. Al-Quran harus dibaca terus-menerus," ungkap Wagub di hadapan ratusan warga Kampung Pedurenan yang hadir.

    "Tetapi lebih jauh dan lebih penting dari hal itu bagaimana diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari isi atau kandungan yang ada di dalam Al-Quran itu sendiri. Jadi kalau dari kecil anak-anak kita dididik dengan Al-Quran maka tidak akan salah langkah, akan benar!" ungkapnya.

    Tak hanya itu, Wagub juga mengungkapkan Al-Quran dan As-Sunnah, yaitu segala sesuatu atau petunjuk yang bersumber dari Rasulullah Muhammad SAW, baik itu ilmu, perkataan, perbuatan, atau keyakinan; bisa menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup ini. Kedua hal tersebut merupakan hal penting yang menjadi dasar bagi umat untuk membedakan mana yang benar dan salah, khususnya di era informasi yang sudah masuk ke ruang-ruang pribadi kehidupan kita saat ini.

    "Nabi kita, Nabi Muhammad SAW berwasiat 'peganglah pada dua hal yang diberikan pada kamu, yaitu Al-Quran dan As-Sunnah'. Coba kalau ga ada Al-Quran dan As-Sunnah - menghadapi gelombang informasi seperti ini kayak apa kita coba? Bingung!" kata Deddy.

    "Apabila tidak ada Al-Quran dan As-Sunnah dari Rasulullah, kita tidak tahu mana yang hak dan yang bathil, mana yang benar dan yang salah, kita tidak akan tahu lagi. Beruntunglah kita sebagai umat Islam, karena kita diberikan dua hal untuk pegangan hidup kita hingga bisa selamat hidup di dunia dan akhirat. Yaitu, Al-Quran dan As-Sunnah," jelasnya.

    Untuk itu, di bulan suci Ramadan ini menurut Deddy bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk menggali serta memahami Al-Quran sebagai penuntun kita untuk menjalanani kehidupan ini.

    Pada kesempatan ini, Wagub pun memberikan santunan melalui DKM Masjid Al-Kautsar. Bantuan tersebut ditujukan bagi kaum duafa dan anak yatim.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus