Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Dana Kesehatan Masyarakat Miskin di Puskesmas Masih Rendah

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/optimalisasi-hasil-sdki2007.jpg

    BANDUNG – Dana kesehatan untuk masyarakat miskin yang disubsidi pemerintah di Puskesmas saat ini jika dirata-ratakan hanya mencapai Rp 7000/orang/tahun. Jumlah itu tentu saja masih sangat rendah bila dibandingkan dengan dana subsidi untuk rumah sakit yang mencapai Rp 500.000/orang/tahun. Hal itu diungkapkan peneliti dari Unpad, Kondrat Wibowo, dalam Seminar Sehari Bagi Pengelola Prorgam Tingkat Provinsi Jawa Barat Dalam Rangka Optimalisasi Pemanfaatan Hasil SDKI 2007, Senin (7/3) di Bandung.

    “Coba bayangkan, bagaimana bisa sehat secara optimal, kalau dana kesehatan untuk masyarakat miskin di Puskesmas itu hanya tujuh ribu kuran lebih?” ujar Kondrat.

    Menurut Kondrat, data itu diperoleh dari hasil penelitian tahun 2008, dan hingga tahun 2009, keadaannya belum banyak berubah. Pemerintah seharusnya menaikan dana subsidi kesehatan itu, terutama bagi masyarakat miskin yang biasa menggunakan layanan kesehatan di Puskesmas.

    “Dana subsidi kesehatan untuk masyarakat miskin terutama mereka yang menggunakan layanan Puskesmas, seharusnya lebih dari itu, namun seperti hasil survey, dari tahun 2008 hingga tahun 2009, tidak ada perubahan berararti” katanya.

    Kondrat juga menambahkan, dari sekitar 43 juta penduduk Jabar, yang menggunakan layanan Puskesmas terutama dari kalangan masyarkat miskin mencapai lebih dari 6 juta jiwa.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus