Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Fasilitasi Bantuan Dana KUKM Baru Capai Rp.100 Miliar

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_0723.jpg

    Salah satu janji Pemprov. Jabar dalam periode 2008-2013 adalah dukungan pengembangan KUKM, untuk mewujudkan hal tersebut Pemprov. Jabar berjanji akan memberikan fasilitasi dana untuk pengembangan KUKM, tidak tanggung-tanggung dana yang dikucurkan untuk dipersiapkan sebesar Rp.200 miliar per tahun.

    Janji tersebut, tinggal realisasi karena janji tersebut telah dipayungi melalui Perda yang sudah resmi disahkan menjadi aturan baku pada tahun 2010 yang lalu. Namun, setelah diadakan pertemuan antara Komisi B DPRD Jabar dengan pihak Dinas KUKM Jabar, di tahun 2011 baru bisa mencapai Rp. 100 miliar.

    Hal demikian, diungkapkan Anggota Komisi B DPRD Jabar, Ade Gozali  dalam keterangannya kepada jabarprov.go.id (8/3).

    Menurut Ade, dari dana fasilitasi untuk KUKM, sebesar Rp.10 miliar dialokasikan untuk dana bansos. Fasilitasi untuk dana bansos di tahun ini dilaporkan Dinas KUKM Jabar meningkat karena di tahun 2010 dana bansos untuk KUKM sebesar Rp.9,5 miliar.

    Dalam rangka merealisasikan penyaluran dana bansos untuk KUKM, hal yang terpenting bukannya berapa dana tersebut bisa tersalurkan namun hal yang dibutuhkan adalah efektivitas dana tersebut untuk mendongkrak kegiatan usaha KUKM di Jabar.

    Tentang penyaluran dana KUKM yang baru mencapai 50% dari target dinilai cukup beralasan karena untuk menyalurkan dana bantuan tersebut membutuhkan proses pengkajian yang komprehensif.

    Langkah pengkajian yang sudah ditempuh, layak diapresiasi karena dijaring melalui jarring aspirasi dari masyarakat koperasi. Dalam rangka proses pengkajian, Dinas KUKM Jabar juga diharapkan berkoordinasi dengan pihak Pemkab/Pemkot.

    Harapannya, ujar Ade seiring dengan penyaluran dana untuk KUKM dapat terwujudnya ekonomi kerakyatan dan secara khusus mampu membangun koperasi yang mandiri.(Nur)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus