Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kusta Tinggi Karena Stigma

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_18558.jpg

    SUBANG-Kesadaran masyarakat terhadap penyakit kusta masih sangat rendah. Menurut Kepala Bidang Pencegahan, Pemberantasan penyakit dan penyehatan lingkungan (P3PL) Maxi, hal ini diperlihatkan dengan jumlah temuan kasus penyakit kusta setiap tahunnya berkisar antara 150 sampai 180 kasus baru.

    ”Tetapi apabila ada kegiatan khusus seperti ICF – Intensive Cases Finding - bisa mencapai 80 kasus dalam 10 hari,” ujarnya kepada Reporter Jabar, Jum’at (5/8/2016).

    Kemudian kata Maxi angka temuan mengalami fluktuatif setiap tahunnya. Hal ini disebabkan penyakit kusta masih mendapat stigma atau citra buruk di kalangan masyarakat. Padahal secara teori ilmiah penyakit kusta penularannya relatif rendah dibandingkan penyakit menular lainnya. Apalagi dengan teknologi kedokteran modern sudah bisa disembuhkan secara total.

    Oleh karena itu perlu sosialisasi yang baik dan tepat kepada masyarakat supaya mereka bersedia memeriksakan diri ke Puskesmas apabila menemukan bercak-bercak di tubuh guna mendapatkan pengobatan lebih dini dengan tingkat kesembuhan lebih sempurna.

    Kata Maxi, sosialisasi yang baik bisa mengurangi citra buruk penyandang kusta sekaligus memberikan kesadaran pada masyarakat untuk mengetahui gejalanya lebih dini.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus