Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Juara Satu Menjadi Tujuan Jawa Barat pada Jambore Nasional

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_18640.jpg

    BANDUNG-Kontingen Pramuka Kwartir Jawa Barat secara resmi dilepas oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan di Aula Barat Gedung Sate, Jumat (12/08) Pagi. 

    Gubernur memberikan selamat serta apresiasi dan berpesan kepada seluruh kontingen agar menjaga moral, kesopanan serta bisa membawa nama baik dan mengharumkan Jawa Barat. 

    “Tunjukkan sebaik-baiknya seluruh kemampuan, dan seluruh kebaikan” ungkap gubernur.

    Jambore Nasional yang diadakan lima tahun sekali itu menurut Gubernur merupakan cara membangun karakter, keterampilan, moral serta semangat menolong kemanusiaan. 

    Dalam kesempatan ini, Dede Yusuf selaku Ketua Pramuka Kwartir Jawa Barat dalam sambutannya berharap, agar Jawa barat bisa keluar sebagai juara satu atau tergiat kegiatannya dibandingkan kontingen lainnya. 

    Lanjut Dede Yusuf, Jawa Barat mengikutsertakan perwakilan dari kwartir cabang dan kabupaten kota se-Jawa Barat sebanyak 1122 orang yang terdiri dari 868 orang peserta ditambah 23 orang peserta pramuka berkebutuhan khusus, 116  pembina pendamping, 104 pimpinan kontingen Jabar, 11 pimpinan kontingen daerah.

    Jawa Barat mengirimkan peserta melalui proses seleksi atau syarat-syarat khusus agar kualiltas peserta  tetap mencerminkan Jawa Barat adalah Pramuka Jabar Kahiji, ujar Dede.

    Para peserta merupakan yang terbaik di setiap daerahnya, dipilih dan tentu juga dibekali pengetahuan kepramukaan yang memadai. Selain itu Kwartir Jawa Barat juga tampil menggunakan ke-khasan Jawa Barat yaitu ikat kepala dan alat kentongan (Sunda : kohkol) yang membedakan pramuka Jawa Barat dan yang lainnya, jelasnya.

    Menurut Dede Yusuf, lawan terberat Jawa Barat pada Jambore Nasional kali ini adalah Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

    Jambore Nasional sendiri merupakan ajang pertemuan pramuka penggalang se-Indonesia dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional (Kwarnas), dilaksanakan lima tahun sekali dengan peserta dari perwakilan seluruh Kabupaten dan Kota se-Indonesia.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus