Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Perangkat Komunikasi Harus Tersertifikasi

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_18893.jpg

    BANDUNG-Selasa (30/8) DISKOMINFO JABAR menyelenggarakan Bimbingan Teknis dengan organisasi amatir radio Indonesia dengan tema "Penggunaan Perangkat Komunikasi Tersertifikasi" bertempat di kantor DISKOMINFO JABAR lantai empat.

    Dalam kesempatan tersebut, Gatot, dari ORARI mengatakan, pada dasarnya kegiatan amatir radio hanyalah suatu hobi tapi karena berkaitan dengan penggunaan frekuensi radio maka dalam pelaksanaannya dilandasi oleh peraturan atau regulasi yang mengatur. Disini jelas bahwa amatir radio adalah kegiatan yang berbasis aturan hukum. Semua hal mengenai kegiatan amatir radio itu ada aturannya, jelasnya.

    Amatir radio wajib memiliki izin dari pemerintah negaranya masing-masing. Amatir radio di seluruh dunia adalah operator yang berizin, berlisensi. Bukan hanya perangkat radio yang tersertifikasi tetapi operator radionya juga bersertifikasi. Dalam penerapan hukum setiap amatir radio yang memiliki izin dianggap telah mengetahui seluruh peraturan hukum tentang keamatir radioan, paparnya

    Amatir radio hanya berkomunikasi dengan sesama amatir radio di seluruh dunia, dan frekuensi yang digunakan juga sudah dialokasikan, imbuhnya.

    Indonesia sebagai anggota PBB sudah mengadopsi radio regulation dan sebagai tindak lanjutnya Indonesia mengeluarkan beberapa regulasi diantaranya undang-undang no.36 1999. "Radio Regulation adalah peraturan internasional dalam hal penggunaan frekuensi radio. Yang dimaksudkan agar komunikasi dapat berlangsung dengan baik tanpa menimbulkan gangguan dan tidak saling mengganggu. Itu prinsip utama", tegasnya.

    Semua aturan dibuat dan direvisi melalui WRC (World Radio Conference). Secara umum isi radio regulation adalah pengelompokan dinas-dinas pengguna frekuensi radio, pengaturan mengenai alokasi frekuensi, pengaturan hak-hak dan kewajiban, dan pengaturan mengenai indentifikasi.

    Gatot melanjutkan, Amatir radio masuk ke dalam jenis telekomunikasi khusus yang diselenggarakan oleh perseorangan untuk keperluan sendiri. Pengguanaan stasiun radio amatir menurut regulasi digunakan untuk latih diri, saling komunikasi, dan penyelidikan dan pengembangan teknis.

    Perangkat telekomunikasi wajib disertifikasi. Bukan amatir radio yang mensertifikasi tetapi importir, penyalur, distributor. Sehingga perangkat yang dibeli harus perangkat yang sudah disertifikasi. Sertifikasi sendiri ada batasnya, hanya berlaku lima tahun dan tidak berlaku bagi perangkat bekas, pungkasnya.

    Bimtek Penggunaan Perangkat Komunikasi Tersertifikasi diikuti oleh para perwakilan anggota ORARI Jabar, dan Dishubkominfo se-Jabar. Adapun bertindak sebagai nara sumber salah satunya dari dosen Fak.Teknik Universitas Widyatama.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus