Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gubernur Jabar Dorong Pemuda Pencipta Lapangan Kerja

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_KETENAGAAN.jpg

    Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menegaskan, salah satu fokus program pembangunan yang dilakukan pemerintah provinsi adalah pembangunan perdesaan. Salah satu kegiatan yang menunjang program pembangunan desa adalah "Gubernur Saba Lembur" yang sudah dilakukan sejak tahun 2010 lalu. Kegiatan  tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan potensi perdesaan serta pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan.

    "Penduduk Jabar itu sekitar 80 persen berada di perdesaan. Kita akan terus mendorong munculnya tenaga kerja di perdesaan yang produkif dan berdaya saing. Insya Allah adanya Gubernur Saba Lembur ini bisa mencetak tenaga kerja yang terampil," ungkap Heryawan usai menghadiri acara Gubernur Saba Lembur di Desa Sukasari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Selasa (15/3). Gubernur didampingi Ketua DPRD Jabar Irfan Suryanegara, Bupati Karawang Ade Swara dan Kadisnakertrans Jabar Mustopa Djamaludin.

    Di hadapan ribuan warga Karawang, Heryawan menyatakan agar generasi muda  memiliki cita-cita  menjadi pengusaha. Dengan menjadi pengusaha berarti dapat membantu membuka lapangan kerja baru. Kedepan kita dorong agar para pemuda dapat menciptakan lapangan kerja bukan pencari kerja. Apalagi potensi alam seperti pertanian, peternakan dan perikanan di Kabupaten Karawang sangat potensial. Dirinya berharap sektor ini menjadi andalan Kabupaten Karawang. Sehingga posisi sebagai lumbung padi nasional dapat terus dipertahankan.

    Heryawan berharap agar kegiatan tersebut ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten Karawang. Sehingga, masyarakat lebih terampil dalam menciptakan peluang kerja. Selain itu dapat dijadikan media untuk menciptakan pelaku usaha. Apalagi saat ini di Jabar masih kekurangan para pelaku usaha. Menurutnya Jabar hanya memiliki pelaku usaha sekitar 0,28 persen dari jumlah penduduk. “Padahal idealnya berkisar angka 2-4 persen,” ungkapnya.

    Dalam laporannya kepada Gubernur, Kepala Disnakertrans Jabar, Mustopa Djamaludin mengungkapkan, program Gubernur Saba Lembur ini memberdayakan masyarakat desa dalam bidang ketanagakerjaan. Program tersebut diisi dengan kegiatan pelatihan ketenagakerjaan dengan belasan keahlian. Mulai dari memasak, menjahit, servis HP, hingga otomotif. Juga sosialisasi tentang cara kerja dan persyaratan menjadi tenaga kerja di luar negeri serta program transmigrasi.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus