Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BPLHD Jabar Segera Evaluasi Lingkungan Garut

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_19299.jpg

    BANDUNG-Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jawa Barat segera menggelar evaluasi penanganan kasus-kasus di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cimanuk yang menjadi salah satu penyebab rusaknya lingkungan hidup di Garut.

    Kepala BPLHD Jabar Anang Sudarna mengatakan setelah masa tanggap darurat banjir bandang Garut berakhir pihaknya pekan ini akan memulai menggelar rapat koordinasi mengevaluasi penanganan kasus-kasus lingkungan hidup di DAS Cimanuk.

    “Di sana ada penambangan dan illegal logging, paling banyak di kawasan hulu Garut, Jumat (30/9) ini rencananya,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Selasa (27/9).

    Pihaknya mengaku Garut harus menjadi konsentrasi karena sejumlah persoalan terkait masalah lingkungan hidup di kawasan tersebut tergolong berat. Menurutnya soal areal tangkap air saja, pihaknya sudah sejak lama memperingatkan Pemkab Garut karena banyak alih fungsi lahan yang bermasalah. “Catchment areanya sangat parah, koefisien regim sungainya sangat parah,” ujarnya.

    Menurutnya evaluasi juga penting karena saat ini Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Garut tengah direvisi, selain itu tengah disusun pula Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). BPLHD menekankan agar dalam penyusunan RDTR nanti Pemkab Garut memperhatikan kawasan lindung dan daya dukung daya tampung. “Harus betul-betul dikaji tidak asal memetakan ruang saja,” paparnya.

    BPLHD juga meminta agar Pemkab Garut bisa mempertanggungjawabkan seluruh pembangunan fisik di kawasan hulu yang selama ini tidak menyertakan izin lingkungan. Dia menunjuk pembangunan di kawasan darat yang mayoritas tidak mengantongi izin lingkungan namun hanya berbekal izin usaha dan kegiatan saja ternyata bisa membangun. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus