Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Daerah Diminta Tingkatkan Performa Anggaran

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Kemenkeu.jpg

    BANDUNG – Penyerapan anggaran dalam APBD baik Provinsi maupun Kabupaten Kota di Indonesia masih sangat kurang. Oleh karena itu Kementerian Keuangan meminta agar pemerintah daerah meningkatkan performa keuangannya. Menurut Kepala Pusat Kebijakan APBN Kementerian Keuangan, Askolani, performa keuangan yang harus diperbaiki itu baik dibidang pelaporan, maupun pada penyerapannya.

    “Yang kita pantau kondisinya memang masih kurang, baik dari sisi pelaporan maupun dari penyerapannya. Sebagaian besar daerah di Indonesia mengalami hal yang sama, meskipun harus diakui ada beberapa daerah yang sudah baik” ujar Askolani di sela-sela Seminar Nasional Penyerapan Fiskal Yang Rendah di Indonesia, yang berlangsung di kampus Unpad, Rabu (23/3).

    Menurut Askolani, ada beberapa faktor penyebab masih kurang baiknya performa anggaran di daerah, antara lain adalah kurang sinkronnya aturan pusat dan daerah, terlalu ketatnya aturan dalam pengadaan barang dan jasa, dan juga masalah pembebasan tanah dalam sebuah proyek pembangunan.

    “Ya beberapa hal itu di lapangan memang menjadi kendala dalam upaya peningkatan performa anggaran. Kasus lambatnya pembebasan lahan untuk pembangunan misalnya, itu berdampak pada lambatnya penyerapan anggaran untuk publik” ujarnya.

    Menyikapi keadaan itu, menurut Askolani, kementerian keuangan harus melakukan langkah-langkah diantaranya adalah monitoring, revisi aturan, dan pemberian reward and punishment terhadap daerah yang performa anggarannya baik dan kurang baik.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus