Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kampung Cijagra Dayeuhkolot Masih Tergenang

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_19821.jpg

    KAB.BANDUNG-Kampung Cijagra Kec.Dayeuhkolot masih tergenang luapan banjir Citarum. Sudah seminggu ini, Kampung Cijagra tergenang air walaupun kini, Rabu (2/11) mulai surut, sebatas 10 sentimeter.

    Beberapa penduduknya, masih belum kembali ke rumahnya masing-masing dan masih memilih tinggal di pengungsian yang tersebar di beberapa titik sekitar kampungnya.

    Berdasarkan penuturan seorang warga asli daerah kampung Cijagra, "dulumah sangat jarang adanya banjir seperti sekarang ini", menurutnya banjir yang terparah terjadi Tahun 1930 (menurut penuturan kakeknya) dan tahun 1986 terparah kedua dimana luapan airnya sampai di Tugu Baleendah", jelasnya.

    Tapi sekarang, banjir terjadi setiap saat, terutama manakala adanya hujan di daerah Majalaya dan Ciparay Kab. Bandung, ujarnya.

    Kampung Cijagra dihuni oleh ratusan KK dan sudah puluhan tahun mendiami kawasan banjir tersebut. Daerahnya persis di pinggir kali Citarum kolot (lama). Bila Sungai Citarum meluap termasuk anak-anak sungainya, maka secara otomatis akan menggenangi kawasan tersebut.

    Ia berharap adanya perbaikan sungai-sungai, sebab menurutnya sungai Citarum dan anak-anaknya sudah sangat dangkal. "Dulumah, awi saleunjeur ge laput" (dulu batang bambu ukuran sepanjang antara 4-5 meter dimasukan kedalam sungai masih belum kena dasarnya), tambahnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus