Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sosialisasi Gema Cermat di Karawang

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_19898.jpg

    KARAWANG-Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat atau GeMa CerMat merupakan upaya bersama antara pemerintah dan masyarakat melalui rangkaian kegiatan dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar.

    Guna merealisasikan hal tersebut, Kementerian Kesehatan RI melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang melaksanakan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) Tahun 2016 yang bertempat di Swiss Bellin Hotel Karawang, pada Selasa (8/11).

    Dalam sambutan tertulis Bupati Karawang yang dibacakan oleh Asisten Pembangunan Setda Kabupaten Karawang menyampaikan bahwa, kegiatan yang dilaksanakan hari ini tentunya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang jenis, fungsi dan efek samping serta dosis penggunaan obat agar menjadi bagian dari upaya meringankan rasa sakit ataupun penyembuhan suatu penyakit.

    Karena pada dasarnya pemerintah daerah menyambut baik kegiatan ini, karena sangat relevan dengan keinginan pemerintah Kabupaten Karawang dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan manusia, ujarnya.

    Selanjutnya Bupati Karawang juga memberikan himbauan kepada seluruh praktisi bidang kesehatan, dokter, bidan, perawat termasuk apotek dan took obat agar memberikan pemahaman mengenai fungsi dan peran obat dalam proses penyembuhan termasukan efek samping dari suatu jenis obat tertentu untuk jangka panjang.

    Terakhir Bupati Karawang berharap momentum sosialisasi gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat ini dapat menghadirkan secercah harapan dan akan arti penting penggunaan obat yang tepat atas petunjuk dan resep yang diberikan oleh tenaga medis yang memiliki kompetensi di bidang kesehatan agar obat menjadi bagian dari penyembuhan bukan malah menjadi racun bagi pasien.

    Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang menambahkan bahwa, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan obat secara benar, meningkatkan kemandirian dan perubahan perilaku masyarakat dalam memilih, mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang obat secara benar serta meningkatkan penggunaan obat secara rasional.

    Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 175 orang yang terdiri dari perwakilan organisasi profesi kesehatan, Apoteker Agent Of Change yang terpilih sesuai dengan kriteria, Persatuan Istri Tentara (Persit) Kodim 0604 Karawang, perwakilan mahasiswa, pengelola Obat Puskesmas se-Kabupaten Karawang.

    Pembukaan sosialisasi ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Anggota DPR RI Komisi IX Ibu drg. Putih Sari yang didampingi oleh Asisten Pembangunan Setda Kabupaten Karawang Hadis Herdiana, Direjen Kefarmasian dan alat Kesehatan yang diwakili oleh Direktur Pelayanan Kefarmasian Kemenkes RI Dra. R. Dettie Yuliati, Apt., M.Si, Kadinkes Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Kabid SDK drg. Sulistiowati, MKM, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang dr. Yuska Yasin. (@Gala)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus