Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    "Angklung's Day 2016, Jelajah Nusantara"

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20081.jpg

    BANDUNG-Sebanyak 6.000 orang siswa SD/SMP/SMK dari berbagai daerah di Jabar  serta para mahasiswa PT di Bandung berkumpul di Halaman Gedung Sate, Minggu (20/11) untuk merayakan 6 tahun ditetapkannya alat musik Angklung sebagai Warisan Budaya Dunia Tak Benda oleh Unesco sejak 18 November 2010 lalu.

    Turut hadir pada acara bertajuk "Angklung's Day 2016, Jelajah Nusantara" ini Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Ketua Komisi II DPRD Jawa Barat Ridho Budiman, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Barat Ida Hernida, serta para pejabat terkait di lingkungan Pemprov Jawa Barat, dan pihak Keluarga Besar Bumi Siliwang (Kabumi) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) selaku penyelenggaran acara.

    Melalui perayaan ini, sebagai sebuah warisan budaya dunia Gubernur Ahmad Heryawan (Aher) mewakili Pemprov Jawa Barat dan masyarakat tanah Pasunda akan terus berkomitmen untuk menjaga serta melestarikan Angklung.

    Aher mengatakan bahwa saat ini Angklung telah menjadi milik dunia, namun masyarakat Jawa Barat harus menjadi yang terdepan dalam menjaga serta melestarikan Anggklung, sehingga gaungnya akan terus terdengar ke seluruh belahan dunia.

    “Masyarakat Jawa Barat harus paling depan melestarikan Angklung milik dunia,” ajak Aher dalam sambutannya.

    Peserta Angklung’s Day 2016 berasal dari 143 sekolah, yaitu TK, SD, SMP, SMA/SMK, SLB, dan para mahasiswa Perguruan Tinggi dari Bandung, Bogor, Tasikmalaya, Purwakarta, Tangerang, hingga Jakarta. Sesuai dengan temanya tahun ini “Angklung’s Day 2016, Jelajah Nusantara” dihadirkan berbagai penampilan tarian khas daerah seperti dari Papua, Sumatera, Jawa Barat, serta daerah lainnya hingga lagu dangdut dan luar negeri diiringi oleh permainan Angklung peserta dalam gelaran “Lalajo Wayang” (Menonton Wayang).

    Pihak Kabumi UPI juga berkomitmen untuk terus melestarikan warisan dunia asal Jawa Barat ini. Melalui event Angklung’s Day yang akan digelar setiap tahun, Kabumi berharap bisa memberikan manfaat untuk menghadirkan kecintaan anak-anak dan generasi muda Indonesia, sehingga akan tertanam dalam jati dirinya nilai dan makna yang terkandung dari setiap budaya nasional yang ada.   

    Pada acara ini hadir pula tamu berasal dari Australia Selatan. Mereka adalah 16 orang mahasiswa yang akan berada di Bandung hingga dua bulan. Mereka akan mempelajari tentang budaya Sunda, Bahasa Sunda, serta budaya Indonesia lainnya

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus