Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Hidupkan Kembali Kearifan Lokal Melalui Kaulinan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20093.jpg

    SUBANG-Kearifan lokal perlu kembali diperkenalkan dan dikembangkan kembali kepada generasi penerus. Menurut Plt Bupati Subang, Imas Aryumningsih upaya tersebut bisa dilakukan dengan dihidupkannya kembali permainan tradisional seperti ucing sumput (petak umpet), ucing-ucingan (kucing-kucingan) dan gatrik.

    “Dalam permainan tradisional memiliki nilai-nilai yang mengajarkan hubungan sesama teman. Semangat itu mulai tergeser akibat maraknya permainan dalam gadget,” ujarnya dalam sambutan Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni antar Santri Diniyah (Porsadin) ke-4 Tingkat Kabupaten Subang di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Subang, Sabtu (19/11).

    Sebab lanjut dia nilai-nilai yang terkandung pada permainan tradisional merupakan bagian dari pembinaan karakter generasi penerus dalam menjalin hubungan persatuan dan kesatuan.

    Selanjutnya kata Imas pada waktu mendatang permainan tradisional bisa menjadi bagian dari olahraga dalam kegiatan Pekan olahraga termasuk dalam Porsadin. Kata Imas dirinya memiliki niat akan melombakannya pada kesempatan Hari Jadi Kabupaten Subang tahun mendatang.

    “Kami berniat akan melombakannya pada Hari Jadi Kabupaten Subang mendatang,” tambahnya.

    Berkaitan dengan Porsadin, Imas mengapresiasi kegiatan ini dipandang perlu bagi santri yang memiliki arti penting dan strategis bagi pembinaan karakter bangsa karena melalui pertandingan olahraga dan lomba seni ini dapat memberikan nilai tambah bagi para santri diniyah agar mereka sehat jasmani dan rohani selain itu sesuai dengan tema "Menjunjung Tinggi Tali Silaturahim, Kreativitas dan Sprotifitas untuk Subang Maju”.

    “Kami harap kegiatan ini mampu mencetak calon-calon generasi penerus bangsa yang handal, kreatif dan menjunjung tinggi Ukhuwah Islamiyah,” ujarnya.

    Dengan kegiatan ini kata Imas bisa mempererat hubungan antar santri secara Islami yang bisa menghindari dari pergaulan bebas.

    Kegiatan ini merupakan bagian dari Hari Bakti Kementerian Agama Tingkat Kabupaten Subang. Sebelum Apel Pembukaan dilaksanakan Pawai Ta’aruf Santri Diniyah yang tergabung dalam Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) dari 30 kecamatan di Kabupaten Subang.

    Turut hadir pada pembukaan Kepala Kemenag Kabupaten Subang, Sukandar, Komandan Kodim 0605/Subang, Letkol Inf Budi Mawardi Syam serta para tamu undangan lainnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus