Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bupati Karawang Meninjau Langsung Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20200.JPG

    KARAWANG-Badan Permusyawaratan Desa Sukaratu melaksanakan pemilihan Kepala Desa Antar Waktu yang baru pertama kali dilangsungkan di Kabupaten Karawang. Hal tersebut terjadi dikarenakan Kepala Desa sebelumnya meninggal dunia sehingga harus dilaksanakan pemilihan Kepala Desa yang baru agar roda pemerintahan tetap berjalan.

    Guna menjaga kondusivitas dan kelancaran pemilihan, Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana langsung meninjau pelaksanaan pemilihan tersebut yang bertempat di Desa Sukaratu Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang, Senin (28/11).

    Dalam sambutannya, Bupati Karawang menyampaikan bahwa pemilihan kepala desa antar waktu mempunyai mekanisme yang berbeda dengan pemilihan kepala desa pada umumnya, bedanya tidak semua warga desa dapat memilih calon kepala desa namun hanya diwakili beberapa pemilih dari perwakilan masyarakat, unsur perangkat desa, hingga tokoh masyarakat dan pemuda.

    Selanjutnya Bupati Karawang menekankan kepada penyelenggara pelaksanaan pemilihan kepala desa antar waktu ini harus menjalankan pemilihan dengan maksinsme yang sesuai dengan peraturannya, tegas, dan kondusif.

    “Saya yakin dengan mekanisme yang baik dan sesuai dengan aturannya maka mampu menjadi contoh bagi Desa di Kabupaten lainnya yang suatu saat akan ada pemilihan Kepala Desa Antar Waktu seperti halnya sekarang ini,” lanjutnya.

    Terakhir, Bupati Karawang berharap kepada Kepala Desa terpilih mampu menjadi pemimpin yang amanah dan bertanggung jawab akan tugas dan fungsinya, mengutamakan kepentingan rakyat, dan juga dapat bersinergi dengan pemerintah daerah agar tercipta kesejahteraan masyarakat. Bagi yang tidak terpilih harus mampu menerima dengan lapang dada dan ikhlas, serta menghargai proses demokrasi dan hukum yang ada di negara ini.

    Proses pemilihan ini dipimpin langsung oleh Kepala Badan Persmuyawaratan Desa Sukaratu. Sementara calon Kepala Desa yang akan mengikuti proses pemilihan yaitu, no urut 1 Sukanda dan no urut 2 Engkos Kosasih.

    Selanjutnya, hasil persmuyawaratan tersebut pasangan no urut 1. Sukanda secara resmi terpilih menjadi Kepala Desa Sukaratu yang baru melalui proses pemilihan musyawarah dengan mufakat yang sudah disepakati oleh peserta musyawarah.

    Hadir pada kesempatan tersebut Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Karawang, para Kepala Dinas dan Kepala Bagian Kabupaten Karawang, Kapolres Karawang, serta Dandim 0604 Karawang.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus