Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pasca Gempa Cilacap, Masyarakat Jabar Jangan Panik

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_4783-116.jpg

    Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan ketika diminta tanggapannya oleh wartawan perihal gempa yang terjadi di Cilacap, Senin Siang (4/4) mengungkapkan berkenaan dengan terjadinya gempa di Cilacap dengan kekuatan 7,1 SR, kepada masyarakat Jabar pada khususnya dihimbau untuk tidak panik.

    Gempa Cilacap, dalam hitungan waktu 30 menit pasca gempa, ternyata tidak terjadi gempa susulan. Oleh karenanya, fakta tersebut menunjukkan kondisi wilayah Jabar dinyatakan aman dari rangkaian gempa tersebut.

    Tidak terjadinya gempa susulan menunjukkan gempa Cilacap terjadi dalam spektrum jauh dari wilayah Jabar sehingga kepada masyarakat tidak perlu panik atas peristiwa tersebut.

    Dalam rangkaian penanganan bencana secara umum, berkaitan dengan bencana banjir bandang di Cihaurbeuti, Ciamis, beberapa waktu lau pekan lalu telah dilakukan peninjauan. Dari hasil peninjauan terungkap, penyebab banjir di lokasi tersebut dikarenakan bukan karena jebol, tetapi dikarenakan luber air sehingga berdampak pada terjadinya air yang melimpah yang selanjutnya air tersebut menyerang area perkampungan.

    Dalam rangka menangani kejadian serupa serta untuk mencegah terjadinya peristiwa tersebut di kemudian hari, perlu terus ditingkatkan penanganan secara terpadu, mulai hulu hingga hilir. Untuk di hulu, di kawasan seperti Ciamis, program penghijauan hutan harus terus digalakkan. (Nur)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus