Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sumur Bor Sumber Pengairan Sawah di Kab. Kuningan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20278.jpg

    KUNINGAN-Air merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan, untuk itu kita sangat membutuhkan sumber air yang baik dan layak dalam keperluan rumah tangga, industri maupun pengairan persawahan.

    Hal ini dikemukakan Dandim 0615/Kuningan Letkol Inf. Arief Hidayat, S.l.P beserta forkopimcam saat memantau pembuatan sumur bor di Desa Cihirup Kec. Ciawigebang Kab. Kuningan. Jumat (02/12).

    Terdapatnya sumber air bawah tanah di wilayah Kec. Ciawigebang tepatnya di Desa Cihirup benar-benar dapat diandalkan keberadaannya karena dapat dimanfaatkan untuk mengairi sawah seluas 30 hektar, sehingga kegiatan tersebut terwujud atas kerjasama Kodim 0615/Kuningan  dengan Kelompok Tani Beber Jaya yang diketuai oleh Rusdana.

    Pengairan sawah yang terletak di Desa Cihirup, pada awalnya  hanya mengandalkan hujan tetapi dengan adanya sumur bor tersebut di harapkan dapat mengantisipasi tidak stabilnya curah hujan, bahkan untuk suplai air ketika petani membutuhkanya untuk penanaman padi yang berikutnya. Warga yang memanfaatkan sumber air ini sudah diwadahi dalam Kelompok Petani Beber Jaya.

    Keberadaan sumur bor ini sudah mampu mengairi sekitar 30 hektar sawah petani, rencananya sistem pembagian aliran air dibagi kedalam blok-blok berdasarkan hari.

    Dandim berencana akan membuat saluran air ke rumah-rumah dan pemukiman penduduk, walaupun keinginan ini masih sebatas hasil musyawarah beberapa pertemuan terakhir, pasalnya untuk mewujudkannya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, beberapa sumur warga yang dekat dengan sumur bor terkadang surut apabila intensitas penggunaan sumur bor terlalu  tinggi. (Pun).

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus