Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wagub Demiz : Bangun Kesadaran Masyarakat Agar Hidup Sehat

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20324.jpg

    SUBANG-Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan, membangun ketahanan dan kesejahteraan keluarga, selain melalui penguatan program Keluarga Berencana, perlu juga digencarkan dengan membangun kesadaran masyarakat agar hidup sehat. Hal ini penting menurut Deddy, dalam rangka menyambut hadirnya bonus demografi tahun 2020 - 2035 mendatang.

    Oleh sebab itu sambung Deddy, pembangunan kesehatan yang lebih diorientasikan pada aspek Preventif dan Promotif tanpa mengesampingkan aspek Kuratif - Rehabilitatif, dengan sasaran perubahan perilaku atau gaya hidup setiap individu yang diwujudkan melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, perlu didukung bersama untuk mengurangi jumlah kasus penyakit tidak menular yang trend-nya terus meningkat sejak lima tahun terakhir, dan ini menjadi ancaman yang cukup serius bagi penguatan produktivitas serta daya saing bangsa.

    Hal demikian dikemukakan Wagub Deddy Mizwar di Subang, Selasa (6/12) pada acara Penutupan Bakti TNI KB Kes Terpadu Kodam III/ Siliwangi dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK KB Kes, di Halaman Pemda Kab. Subang.

    Lanjut Wagub, Provinsi Jawa Barat sendiri, telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan, sebagai sembilan provinsi prioritas Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, yang mengacu pada 12 indikator utama sebagai penanda status kesehatan sebuah keluarga, yaitu: keluarga mengikuti program KB; Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan, bayi mendapat imunisasi dasar lengkap, bayi mendapat ASI eksklusif, balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan, penderita tuberculosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar, penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur, penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan, anggota keluarga tidak ada yang merokok, keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Keluarga mempunyai akses sarana air bersih, dan keluarha menggunakan jamban sehat.

    "Kemudian, melalui Kesatuan Gerak PKK KB Kes Tahun 2016, diharapkan terbangun partisipasi aktif dari seluruh kader PKK bersama para Kader Motekar (Motivator Ketahanan Keluarga), untuk membangun Gerakan Hidup Sehat di setiap individu, keluarga dan masyarakat, termasuk untuk memberikan motivasi, mendidik, dan mengadvokasi keluarga - keluarga rentan dalan menangkal penyalahgunaan narkotika, penularan HIV-AIDS, human trafficking, serta untuk melindungi kaum perempuan dan anak dari kekerasan dalam rumah tangga. jelas Wagub Demiz."

    "Hal ini sesuai dengan amanat Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga di Jawa Barat, yang diharapkan bermuara pada terwujudnya tatanan kekuarga yang tangguh dan berkualitas," tambahnya.

    Lanjut Deddy, pada dasarnya penduduk merupakan modal dasar sekaligus faktor dominan dalam pembangunan. Oleh sebab itu, pengendalian jumlah dan peningkatan kualitas penduduk pun harus menjadi titik sentral dalam konsep pembangunan berkelanjutan.

    Wagub Jabar Deddy Mizwar mengatakan, dalam rangka mewujudkan pertumbuhan penduduk yang seimbang dan berkualitas tersebut, dibutuhkan upaya sinergis dan berkesinambungan yang difokuskan pada beberapa sasaran utama, yaitu: pengendalian angka kelahiran dan penurunan angka kematian, pengarahan mobilitas penduduk, pengembangan kualitas penduduk pada seluruh dimensinya, peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, serta penyiapan dan pengaturan perkawinan dan kehamilan.

    "Oleh sebab itu, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat sangat mendukung sinergitas yang telah terjalin selama ini antara BKKBN, TNI, Pemerintah Daerah, dan PKK, dalam rangka membumikan dan merevitalisasi program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBK) di Jawa Barat," pungkas Wagub Deddy.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus