Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Launching Peta Geologi Interprestasi Citra Inderaan Jauh

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20330.jpg

    BANDUNG-Badan Geologi secara resmi meluncurkan Peta Geologi Hasil Interprestasi Citra Inderaan Jauh Skala 1:50.000. Peluncuran peta ini sekaligus mengukuhkan Badan Geologi sebagai satu-satunya instansi pemerintah yang berwenang dalam membuat Peta Geologi di Negeri ini.

    Hal demikian, diungkapkan Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ego Syahrial dalam jumpa pers yang berlangsung Rabu (7/12).

    Menurut Ego Syahrial, Indonesia merupakan negara dengan kondisi geologi yang sangat unik. Hampir seluruh kegiatan pembangunan di negeri ini tidak dapat dipisahkan dari aspek geologi, dengan pengetahuan dasar karakter geologi yang baik pada suatu daerah maka perencanaan pembangunan akan dapat dilakukan dengan efektif dan efisien dari segi waktu maupun biaya.

    Oleh karena itu kebutuhan informasi geologi dasar skala besar (detail) terutama dalam bentuk peta geologi skala 1:50.000 saat ini sudah merupakan hal yang sangat mendesak mengingat pada saat ini pemerintah sedang giat-giatnya melakukan pembangunan diberbagai sektor dalam upaya mewujudkan Nawacita.

    Untuk memetakan seluruh Indonesia merupakan tantangan yang sangat besar dikarenakan luas wilayah, aksesibilitas dan keunikan maupun rumitnya kondisi Geologi Indonesia.

    Ego Syahrial, lebih lanjut memaparkan Badan Geologi melalui unit kerja eselon II Pusat Survei Geologi menjawab tantangan ini melalui percepatan kegiatan pemetaan geologi seluruh Indonesia dengan menerapkan program pemetaan geologi berbasis inderaan jauh yang telah dilaksanakan sejak tahun 2010 sampai dengan saat ini, Pusat Survei Geologi telah melakukan interprestasi Geologi berdasarkan citra satelit seluruh Indonesia yang terdiri dari 3.774 lembar Peta Geologi Hasil Interprestasi Citra Inderaan Jauh Skala 1:50.000.

    Peta Geologi hasil kegiatan tersebut merupakan data dasar yang sangat diperlukan untuk menunjang pembangunan dan tata ruang, eksplorasi dan eksploitasi sumber daya mineral dan energi, mitigasi bencana geologi, pengembangan ilmu pengetahuan serta penggunaan lainnya secara luas demi peningkatan ekonomi masyarakat.

    Tidak bisa dipungkiri pemutakhiran dan penambahan data terhadap peta geologi interpretasi inderaja masih perlu dilakukan, namun demikan kami optimis bahwa informasi yang ada dalam geologi dapat dimanfaatkan oleh pemerintah, swasta, maupun masyarakat umum.

    Oleh karena itu, ujar Ego Syahrial partisipasi aktif dari pihak pengguna peta/stakeholder sangat diharapkan dalam penyempurnaan hasil kerja kami di masa mendatang sesuai dengan komitmen Badan Geologi untuk menyediakan dan menyebarluaskan informasi Geologi kepada seluruh pihak terkait dan masyarakat luas pada umumnya. (NR)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus