Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Duka Cita Mendalam untuk Korban Gempa Aceh

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20332.jpg

    BANDUNG-Gempa berkekuatan 6,5 skala richter (SR) terjadi di Pidie Jaya pada pagi tadi yang mengakibatkan sejumlah bangunan dan fasilitas umum rusak. Beberapa bangunan roboh dan sejumlah ruas jalan juga retak. Atas kondisi tersebut, Fraksi PKS DPR RI menyatakan duka cita untuk masyarakat Aceh, terlebih bagi mereka yang terkena dampak secara langsung dari gempa tersebut.

    Hal demikian, diungkapkan Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini, dalam rilis yang diterima jabarprov.go.id, Rabu (7/12).

    "Keluarga besar Fraksi PKS DPR RI mengucapkan duka mendalam bagi korban gempa Aceh, semoga diberi kesabaran dan kemudahan dalam penanganan bencana sehingga tidak banyak korban jiwa dan segera bisa pulih (recovery)," ujarnya.

    Oleh karena itu, pemerintah diminta untuk segera melakukan tanggap darurat dengan prioritas menyelamatkan korban jiwa. Prioritas tempat penampungan lengkap dengan kebutuhan tanggap darurat harus segara disiapkan dan didatangkan.

    "Tempat penampungan lengkap dengan dokter, paramedis, obat-obatan, makanan dan minum, selimut dan lain-lain serta pakaian tentu harus menjadi prioritas penanganan. Selain alat-alat berat yang harus segera didatangkan untuk membuka akses penyelamatan dan bantuan," saran Jazuli.

    Pemerintah, juga diharapkan adanya koordinasi sinergis antara pemerintah pusat dan daerah, juga Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).  

    "Penanggulangan bencana harus cepat dan tanggap. Untuk itu harus ada kerjasama yang sinergis antara pemerintah pusat dan daerah, juga antara BNPB dan BPBD. Jangan saling lempar tanggung jawab agar prioritas penyelamatan korban bisa dilakukan dengan cepat dan efektif," imbuhnya.

    Selain itu, Fraksi PKS DPR RI juga mendorong solidaritas kemanusian dari seluruh warga bangsa untuk membantu korban gempa Aceh. Serta menegaskan partisipasi PKS dalam penanggulangan bencana ini. Tentu harus berkoordinasi dengan BPBD dan Pemda setempat agar bantuan efektif dan tepat kebutuhan dan sasaran.

    "Mari kita galang solidaritas, minimal kita doakan saudara-saudara kita di Aceh, kita himpun donasi, serta kita kirimkan bantuan materi maupun tenaga sesuai kemampuan.

    Jazuli, menambahkan kepada Pemda seluruh Indonesia diminta agar waspada dan selalu siap melakukan tanggap darurat karena ancaman bencana terjadi di berbagai daerah. (NR)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus